IMPLEMENTASI K-MEANS CLUSTERING ALGORITHM UNTUK ANALISA SOAL UJIAN ONLINE PADA SMP ISLAM AL-FATH PARE
Author (Penulis)
Yuyun Novianti
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.03.02.0204
Abstract
Penerapan metode algoritma K-Means Cluster digunakan untuk proses pengelompokkan dan analisa data hasil ujian (post-test) siswa SMP Islam Al-Fath Pare yang dirancang secara online berdasarkan jawaban yang benar dan salah untuk dapat menghasilkan informasi evaluasi hasil belajar siswa sehingga kelemahan seorang siswa pada pokok materi tertentu dapat diketahui dengan cepat dan akurat, yang untuk selanjutnya dapat diberikan tindak lanjut (follow-up) berupa pemberian bimbingan tambahan pada materi yang lemah tersebut oleh guru pengajar. Dengan penerapan metode ini juga diharapkan dapat mengurangi limbah dan sampah kertas (paperless method), mengurangi beban guru dalam melakukan koreksi dan evaluasi hasil ujian, mengurangi biaya, waktu dan tenaga (efficient). Dari pembahasan hasil penelitian didapatkan bahwa perancangan sistem ujian online yang menerapkan metode K-Means Cluster telah sesuai dengan tujuan perancangan yaitu, hasil uji program sama dengan perhitungan K-Means secara manual, sehingga penerapan metode K-Means Cluster ini efektif untuk mengelompokkan hasil ujian (post-test) siswa guna mendapatkan evaluasi hasil belajar.