Aplikasi Media Pembelajaran Tajwid Berbasis Multimedia Bagi Siswa Sekolah Dasar
Author (Penulis)
Puji Rahayuningsih
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.03.02.0203
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pemahaman tajwid bagi anak dimana pendidikan juga sebagai sarana transformasi norma dan nilai moral dalam membentuk sifat dan karakter kepribadian manusia. Sehingga diperlukan sebuah aplikasi yang menarik minat belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana merancang aplikasi berbasis multimedia sebagai media pembelajaran Al Qur’an untuk siswa sekolah dasar? (2) Bagaimana menerapkan ilmu multimedia dalam pembelajaran Al Qur’an untuk anak sekolah dasar? (3) Apakah siswa dapat memahami media pembelajaran tajwid?. Penelitian ini menggunakan metode demonstrasi dengan subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar sebanyak 20 siswa. Penelitian dilakukan dengan mengajukan kuisioner kualitatif yang diberikan setelah siswa menggunakan aplikasi media pembelajaran tajwid, (2) Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) merancang aplikasi media pembelajaran tajwid berbasis multimedia dengan menyajikan materi yang disertai simulasi dan kuis interaktif, (2) Menerapkan ilmu multimedia dalam pembelajaran tajwid dengan memanfaatkan segala aspek media ke dalam aplikasi, dan (3) Siswa dapat memahami materi tajwid yang disampaikan melalui aplikasi maupun oleh guru di sekolah. Hal ini terbukti dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal.