ANALISA KEPUASAN KONSUMEN MELALUI PENDEKATAN KLASIFIKASI DECISION TREE DI RESTORAN DAPUR SOLO (CABANG KEDIRI)
Author (Penulis)
Ahmad Shiddiq
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.03.02.0198
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kepuasan konsumen adalah target yang berubah-ubah,
karena masing-masing konsumen memiliki serangkaian kebutuhan pada tingkat yang berbeda-beda.
Setelah dilakukan pengamatan restoran dapur solo hanya menyediakan contact person untuk sistem
keluhan konsumen dan belum adanya teknologi yang mampu menghasilkan suatu informasi yang siap
digunakan untuk membantu menentukan langkah strategis yang harus diambil oleh pihak manajer
pemasaran.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana cara mengidentifikasi
kepuasan konsumen Restoran Dapur Solo menggunakan klasifikasi Decision Tree?. (2) Bagaimana
merancang sebuah sistem informasi untuk mengidentifikasi kepuasan konsumen Restoran Dapur Solo
menggunakan klasifikasi Decision Tree?
Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem yang akan dibuat menggunakan konsep
waterfall. Mulai dari mengidentifikasi kebutuhan sistem, study literatur, mengumpulkan data dengan
melakukan pengamatan, wawancara, kuesioner dan studi pustaka, dilanjutkan dengan perancangan
sistem, pembuatan sistem, implementasi dan pengujian.
Berdahasarkan hasil penelitian bisa ditarik kesimpulan bahwa : (1) Dari 300 record data yang
digunakan dapat disimpulkan bahwa sistem ini dapat mengklasifikasikan konsumen merasa tidak puas
apabila : a) Pelayanan dirasa kurang. b) Fasilitas dirasa kurang dan pelayanan ramah. c) Product dirasa
kurang, fasilitas dirasa baik dan pelayanan dirasa ramah.Dan konsumen merasa puas apabila : a)
Pelayanan dirasa lumayan. b) Product dirasa lumayan, fasilitas dirasa baik dan pelayanan dirasa
ramah. (2) Sistem ini telah berhasil dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman pascal yang
berbasis dekstop dengan disertai database berupa MySQL dan sistem ini bisa dikatakan berhasil
karena dapat mengklasifikasikan antara konsumen merasa puas dan tidak puas.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan (1) Penambahan data agar tingkat
akurasi lebih tinggi.(2) Pengumpulan data masih kurang efisien, karena dengan menyebar angket
kuesioner yang masih terbilang ribet atau susah. Sebaiknya menggunakan layar touch screen yang
disediakan disamping kasir agar konsumen tidak merasa terganggu dengan lembaran kuesioner.
KATA KUNCI : kepuasan konsumen, klasifikasi, decision tree, algoritma C4.5