ANALISA KEPUASAN KONSUMEN MELALUI PENDEKATAN KLASIFIKASI DECISION TREE DI RESTORAN DAPUR SOLO (CABANG KEDIRI)


Author (Penulis)

Ahmad Shiddiq
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0198

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kepuasan konsumen adalah target yang berubah-ubah, karena masing-masing konsumen memiliki serangkaian kebutuhan pada tingkat yang berbeda-beda. Setelah dilakukan pengamatan restoran dapur solo hanya menyediakan contact person untuk sistem keluhan konsumen dan belum adanya teknologi yang mampu menghasilkan suatu informasi yang siap digunakan untuk membantu menentukan langkah strategis yang harus diambil oleh pihak manajer pemasaran. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana cara mengidentifikasi kepuasan konsumen Restoran Dapur Solo menggunakan klasifikasi Decision Tree?. (2) Bagaimana merancang sebuah sistem informasi untuk mengidentifikasi kepuasan konsumen Restoran Dapur Solo menggunakan klasifikasi Decision Tree? Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem yang akan dibuat menggunakan konsep waterfall. Mulai dari mengidentifikasi kebutuhan sistem, study literatur, mengumpulkan data dengan melakukan pengamatan, wawancara, kuesioner dan studi pustaka, dilanjutkan dengan perancangan sistem, pembuatan sistem, implementasi dan pengujian. Berdahasarkan hasil penelitian bisa ditarik kesimpulan bahwa : (1) Dari 300 record data yang digunakan dapat disimpulkan bahwa sistem ini dapat mengklasifikasikan konsumen merasa tidak puas apabila : a) Pelayanan dirasa kurang. b) Fasilitas dirasa kurang dan pelayanan ramah. c) Product dirasa kurang, fasilitas dirasa baik dan pelayanan dirasa ramah.Dan konsumen merasa puas apabila : a) Pelayanan dirasa lumayan. b) Product dirasa lumayan, fasilitas dirasa baik dan pelayanan dirasa ramah. (2) Sistem ini telah berhasil dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman pascal yang berbasis dekstop dengan disertai database berupa MySQL dan sistem ini bisa dikatakan berhasil karena dapat mengklasifikasikan antara konsumen merasa puas dan tidak puas. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan (1) Penambahan data agar tingkat akurasi lebih tinggi.(2) Pengumpulan data masih kurang efisien, karena dengan menyebar angket kuesioner yang masih terbilang ribet atau susah. Sebaiknya menggunakan layar touch screen yang disediakan disamping kasir agar konsumen tidak merasa terganggu dengan lembaran kuesioner. KATA KUNCI : kepuasan konsumen, klasifikasi, decision tree, algoritma C4.5

Keyword

kepuasan konsumen, decision tree

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade