IDENTIFIKASI JENIS KENDANG MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE ( C45)


Author (Penulis)

AGUS SETIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0196

Abstract

Pembeli kendang pada awalnya kesulitan menentukan jenis kendang yang ingin dibeli dan baru dapat membuat keputusan setelah jangka waktu tertentu, serta memungkinkan banyak kesalahan yang terjadi dalam menentukan keputusan pembelian. Hal ini karena banyaknya jenis kendang. Dalam mengatasi permasalahan ini dibutuhkan aplikasi untuk membantu pembeli dalam membuat keputusan yang tepat. Berdasarkan hal tersebut, masalah dapat diidentifikasi, bahwa pembeli mengalami kesulitan dalam menentukan jenis kendang yang tepat dan proses penentuan keputusan memerlukan waktu yang cukup lama. Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan menerapkan metode Decision tree (C4.5). Metode ini sangat tepat digunakan untuk menentukan keputusan jenis kendang yang paling sesuai untuk pembeli. Melalui algoritma ini pembeli dapat mengetahui secara pasti jenis kendang berdasarkan ciri-ciri yang telah diinputkan. Secara singkat logika algoritma C4.5 yang digunakan diawali dengan pemilihan atribut sebagai akar. Kemudian buat cabang untuk masing-masing nilai dan bagi kasus dalam cabang. Ulangi proses untuk masing-masing cabang sampai semua kasus pada cabang memiliki kelas yang sama. Untuk memilih atribut sebagai akar, didasarkan pada nilai gain tertinggi dari atribut-atribut yang ada. Dari hasil penelitian ini dan pembahasan yang telah diuraikan dalam bab-bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa, metode Decision tree C4.5) dapat dipertimbangkan sebagai metode alternatif untuk mengetahui jenis kendang bagi pembeli di produsen kendang HANSXDES. Aplikasi ini bermanfaat karena dapat mengetahui jenis kendang yang tepat bagi pembeli berdaarkan ciri-ciri yang diinputkan.


Keyword

Decision Tree , C45, Jenis, Kendang

Reference

Bramaditya, Swarasmaradhana. 2014. Identifikasi Lama Studi Berdasarkan Karakteristik Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5. Semarang: Universitas Diponegoro.

Marwana. 2018. Algoritma C4.5 untuk Simulasi Prediksi Kemenangan Dalam Pertandingan Sepakbola. Makassar: STIMED Nusa Palapa.

Zuliarso, Eri. 2014. Rancang Bangun Sistem Perpustakaan untuk Jurnal Elektronik. Semarang: Universitas Stikubank.

Yuliansyah, Herman. 2014. Perancangan Replikasi Basis Data mysql Dengan Mekanisme Pengamanan Menggunakan ssl Encryption. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade