Sistem Rekomendasi Jurusan di SMK Untuk Siswa SMP Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor (Studi Kasus : SMPN 1 Pagu)


Author (Penulis)

Mohamad Yusron Fahmi
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0189

Abstract

ABSTRAK

 

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa saat ini Sekolah Menengah Kejuruan memiliki program-program unggulan pada masing-masing bidang jurusan. Bagi calon siswa hal ini sebenarnya berdampak positif karena banyaknya opsi pilihan, namun disisi lain dari sebagian calon siswa masih merasa bingung dan kesulitan dalam menentukan program jurusan yang cocok bagi mereka. Permasalahan penelitian ini adalah belum adanya suatu Sistem Rekomendasi yang membantu siswa SMP untuk memilih program jurusan SMK sesuai nilai akademik mereka dengan mengimplementasikan metode K-Nearest Neighbor.

Penelitian ini menggunakan teknik klasifikasi data mining dengan metode K-Nearest Neighbor. Dengan metode ini nilai siswa akan dihitung dan diklasifikasi antara data uji dengan semua data latih. Kemudian dari perhitungan metode K-Nearest Neighbor akan menghasilkan rekomendasi jurusan yang cocok bagi siswa sesuai dengan nilai akademik mereka. Penelitian ini mengambil Studi Kasus di SMP Negeri 1 Pagu.

Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Dari proses perancangan dan implementasi telah menghasilkan sebuah Sistem Rekomendasi untuk memilih program jurusan di SMK berdasarkan nilai akademik calon peserta didik dari SMP (2) Penelitian menggunakan metode K-Nearest Neighbor memperoleh hasil Rekomendasi Jurusan dengan tingkat akurasi sebesar 95% dari perhitungan manual.

Berdasar simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : bahwa banyaknya program-program unggulan yang ditawarkan oleh Sekolah terutama bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke SMK dan mengingat perlu adanya sistem kompeterisasi untuk merekomendasikan program pendidikan yang cocok bagi siswa. Maka dengan mengimplementasikan aplikasi Sistem Rekomendasi Jurusan menggunakan metode K-Nearest Neighbor diharapkan mampu membantu siswa dalam memilihkan program terbaik bagi siswa sesuai nilai prestasi akademik yang didapatkan.

 

KATA KUNCI  : Data Mining, K-Nearest Neighbor, Rekomendasi, Jurusan, SMK.


Keyword

jurusan, smk, knn

Reference

Kartika, Jodi Irjaya dan Edy Santoso dan Sutrisno. 2017. Penentuan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor dan Weighted Product (Studi Kasus : SMP Negeri 3 Mejayan). 1 (5) : 352-360.

Ramadhan, Puji Sari dan Usti Fatimah S. Pane . 2018. Mengenal Metode Sistem Pakar (Fungky, Ed.). Ponorogo : UWAIS INSPIRASI INDONESIA.

Sulistiyo, Ari. 2015. Penentuan Jurusan Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor Classifier Pada SMAN 16 Semarang. 9 (1) : 1-5.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor  20  Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. (Online), tersedia : http://jdih.bpk .go.id, diunduh 7 Oktober 2017.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade