PENERAPAN DATA MINING PADA PENJUALAN MAKANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE K_MEANS
Author (Penulis)
AZIZ SHOFIYUDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.03.02.0182
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa ketika
manager sulit untuk menentukan jenis makanan yang paling banyak diminati oleh konsumen, solusi
untuk permasalahan tersebut adalah dengan membuat sistem aplikasi yang bisa digunakan untuk
mengklasifikasi jenis makanan.
Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana mengelompokan makanan apa yang sering
dibeli konsumen dengan menggunakan metode K-Means? Bagaimana merancang sebuah sistem untuk
pengelompokan makanan dengan menggunakan metode K-Means?
Penelitian ini mengimplementasikan data mining untuk klasifikasi jenis makanan di Vanilla
Cafe Tulungagung Menggunakan metode K-Means untuk klasifikasi. Aplikasi yang digunakan Java
NetBeans. Database yang digunakan adalah MySQL.
Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui pengelompokan makanan di Vanilla Café
Tulungagung menggunakan metode K-Means. Membuat sebuah sistem untuk pengelompokan
makanan dengan menggunakan metode K_Means.
Hasil dari penelitian ini adalah Metode K_Means berhasil diterapkan untuk pengelompokan
makanan berdasarkan minat konsumen dengan jumlah 3 Cluster meliputi tinggi, sedang dan rendah.
Maksud kategori tinggi adalah makanan yang paling banyak dibeli oleh konsumen, kategori sedang
adalah makanan yang lumayan diminati oleh konsumen, dan kategori rendah adalah makanan yang
paling sedikit diminati oleh konsumen. Langkah pertama masuk kehalaman awal, kemudian
menginputkan data makanan yang akan diproses kedalam program, kemudian di Cluster, Cluster
tersebut meliputi tinggi, sedang dan rendah.
KATA KUNCI : Kata Kunci: penjualan, k_means, data mining.