PEMBAGIAN KELOMPOK BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS
Author (Penulis)
BAGUS YAYANG FATKHURRAHMAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.03.02.0180
Abstract
Abstrak
Bagus Yayang Fatkhurrahman: Sistem Pembagian Kelompok Belajar Siswa Menggunakan Metode K-Means Clustering di SD Negeri 1 Ngebong Kabupaten Tulungagung, Skripsi, Teknik Informatika, Fakultas Teknik UN PGRI Kediri, 2017.
Kata kunci : Pembagian Kelompok Siswa, Clustering, K-Means
Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa agenda SD Negeri 1 Ngebong dalan menghadapi Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS) yaitu akan mengadakan suatu bimbingan belajar untuk tambahan pelajaran. Oleh sebab itu, penulis membuat sistem pembagian kelompok bimbingan belajar berdasarkan tingkat kemampuan siswa. Pembagian kelompok dibantu oleh perangkat lunak hasil implementasi dari metode clustering yang dapat mengelompokkan siswa belajar dengan valid.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana mengelompokkan bimbingan belajar menggunakan metode K-Means clustering di SD Negeri 1 Ngebong Kabupaten Tulungagung?. (2) Bagaimana merancang sebuah aplikasi untuk memudahkan pembagian kelompok bimbingan belajar di SD Negeri 1 Ngebong Kabupaten Tulungagung?.
Penelitian ini menggunakan metode K-Means sebagai perhitungan jarak antara data training dengan data uji. Metode K-Means dipilih karena mudah dalam hal perhitungan serta juga mudah dilakukan implementasi pada bahasa pemrograman PHP.
Dari hasil pengujian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Metode K-Means dapat digunakan untuk menghasilkan rekomendasi pembentukkan kelompok belajar siswa berdasarkan kemampuan masing-masing siswa.
?