PEMBAGIAN KELOMPOK BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS


Author (Penulis)

BAGUS YAYANG FATKHURRAHMAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0180

Abstract

Abstrak Bagus Yayang Fatkhurrahman: Sistem Pembagian Kelompok Belajar Siswa Menggunakan Metode K-Means Clustering di SD Negeri 1 Ngebong Kabupaten Tulungagung, Skripsi, Teknik Informatika, Fakultas Teknik UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci : Pembagian Kelompok Siswa, Clustering, K-Means Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa agenda SD Negeri 1 Ngebong dalan menghadapi Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS) yaitu akan mengadakan suatu bimbingan belajar untuk tambahan pelajaran. Oleh sebab itu, penulis membuat sistem pembagian kelompok bimbingan belajar berdasarkan tingkat kemampuan siswa. Pembagian kelompok dibantu oleh perangkat lunak hasil implementasi dari metode clustering yang dapat mengelompokkan siswa belajar dengan valid. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana mengelompokkan bimbingan belajar menggunakan metode K-Means clustering di SD Negeri 1 Ngebong Kabupaten Tulungagung?. (2) Bagaimana merancang sebuah aplikasi untuk memudahkan pembagian kelompok bimbingan belajar di SD Negeri 1 Ngebong Kabupaten Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan metode K-Means sebagai perhitungan jarak antara data training dengan data uji. Metode K-Means dipilih karena mudah dalam hal perhitungan serta juga mudah dilakukan implementasi pada bahasa pemrograman PHP. Dari hasil pengujian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Metode K-Means dapat digunakan untuk menghasilkan rekomendasi pembentukkan kelompok belajar siswa berdasarkan kemampuan masing-masing siswa. ?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI