IMPLEMENTASI ALGORITMA DJIKSTRA UNTUK MENENTUKAN LINTASAN TERPENDEK PADA DELIVERY DEPOT WAREG


Author (Penulis)

irvan dewantoro
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0169

Abstract

ABSTRAK

 

KATA KUNCI  : algoritma djikstra, lintasan terpendek, delivery

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil penelitian pada salah satu pengusaha makanan rumahan yang masih belum menggunakan pemilihan lintasan untuk delivery. Sehingga dalam delivery ini sangat tidak efektif dan efesien. Akibatnya dalam delivery membutuhkan biaya delivery yang banyak.

Untuk mengatasi masalah yang terjadi, maka dalam hal ini masalah yang dapat dirumuskan adalah Bagaimana cara mendapatkan jalur optimal dalam mengantar pesanan menggunakan Algoritma Djikstra. Dan Bagaimana merancang dan membuat sistem yang dapat menentukan jalur optimal. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini untuk mendapatkan jalur optimal dalam mengantar pesanan menggunakan Algoritma Djikstra. Dapat merancang dan membuat sistem yang dapat menentukan jalur optimal.

Aplikasi pencarian lintasan terpendek ini menggunakan algoritma djikstra sebagai penghitung lintasan terpendek. Algoritma djikstra merupakan algoritma untuk menentukan jarak terpendek antar vertex dengan graf berbobot. Sehingga algoritma ini sangat cocok untuk diimplementasikan dalam mencari rute terpendek untuk Delivery Depot Wareg.Aplikasi ini dibuat berbasis web dengan script PHP dan MySQL sebagai pengelola basis datanya.

Hasil dari algoritma djikstra yaitu dapat membantu memberikan lintasan terpendek dari suatu daerah ke daerah yang dituju. Sehingga pelaksanaan delivery ke pelanggan  menjadi lebih efesien karena jarak yang ditempuh menjadi lebih pendek.

 

 

 


Keyword

algoritma Djikstra, lintasan terpendek, delivery.

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak.  Mediakita. Jakarta.

Ekadinata A, Dewi S, Hadi D, Nugroho D, dan Johana F. 2008. Sistem Informasi Geografis Untuk Pengelolaan Bentang Lahan Berbasis Sumber Daya Alam. Buku 1: Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh Menggunakan ILWIS Open Source. Bogor: World Agroforestry Centre

Fitria, Apri Triansyah. 2013. Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Aplikasi Untuk Menentukan Lintasan Terpendek Jalan Darat Antar Kota Di Sumatera Bagian Selatan. Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 5, NO. 2, The Informatics and Business Institute Darmajaya Bandar Lampung Indonesia.

Mustakini, Jogiyanto Hartono. 2009. Sistem Informasi Teknologi. Yogyakarta:Andi Offset.

Prahasta, Eddy. 2009. Sistem Informasi Geografis : Konsep-konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika).Bandung: Informatika.

Priatmoko, ShagaBogas. 2014. Algoritma Dijkstra untuk Pencarian Jalur Terdekat dan Rekomendasi Objek Pariwisata di Pulau Bali. (Online). Tersedia: http://eprints.dinus.ac.id, diunduh 29 Febuari 2016.

Sibero, AlexanderF.K.. 2011. Kitab Suci WEB Programing. Yogyakarta: Mediakom.

Siswanto. 2013. Algoritma dan Struktur Data Non Linier Dengan Java. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Suprayogi, Dwiaris, Mahmudi, Wayan F. 2015. Penerapan Algoritma Genetika Traveling Salesman Problem with Time Window: Studi Kasus Rute Antar Jemput Laundry. Jurnal Buana Informatika Vol 6, No 2.Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Sutabri, Tata. 2012. Konsep Dasar Informasi. Yogyakarta: Andi.

Turban, Erfraim, et al. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems 7th Ed. New Jersey: Pearson education

Wibowo, AbdulGhofur dan Wicaksono, AgungPurwo. 2012. Rancang Bangun Aplikasi untuk Menentukan Jalur Terpendek Rumah Sakit di Purbalingga dengan Metode Algoritma Djikstra. (Online). Tersedia: http://juita.ump.ac.id, diunduh 29 Febuari 2016.

.Wibowo, BambangTeguh. 2014. Aplikasi Penentuan Jalur Terpendek untuk Pemadam Kebakaran dengan Menggunakan Metode Djikstra. (Online). Tersedia: http://plita-informatika.com, diunduh 29 febuari 2016.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade