Pengelompokan minat baca diperpustakaan SMKN 1 Boyolangu dengan metode K-mean


Author (Penulis)

andik dwi bahdriatul
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0168

Abstract

Minat baca masyarakat Indonesia pada saat sekarang ini masih tergolong sangat rendah dikarenakan masyarakat Indonesia belum menempatkan buku sebagai kebutuhan setelah pangan, sandang, papan. Masyarakat Indonesia masih dalam budaya melihat bukan budaya baca. Dengan membaca buku, wawasan pengetahuan menjadi bertambah. Banyak informasi dan pengetahuan yang akan didapatkan dari membacabuku. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu aplikasi untuk mengelompokkan siswa SMKN 1 Boyolangu berdasarkan kunjungan ke perpustakaan dan minat baca menggunakan metode klasifikasi K-Means. Penelitian ini menggunakan metode Clustering K-Means dengan memperhitungkan titik pusat yang di pilih dengan data training, setelah cluster menemukan nilai yang sama perhitungan berhenti yaitu hasil dari algoritma dari metode . Hasil dari pengelompokan minat baca ini adalah dapat membantu pihak perpustakaan atau sekolah mengetahui seberapa banyak minat baca siswanya yang aktif ke perpustakaan dalam waktu satu bulan. Sistem pengelompokan ini dapat dilengkapi dengan menggunakan metode-metode klasifikasi yang lain yang lebih cocok diterapkan dalam menentukan suatu pengelompokan minat baca. Kata kunci : Pengelompokan Minat Baca, Metode K-MEANS

Keyword

Pengelompokan minat baca, metode K-mean

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade