PENERAPAN METODE TREND MOMENT UNTUK PERAMALAN PENJUALAN FRAME KACAMATA PADA OPTIK TATA DI KEDIRI
Author (Penulis)
DANANG LUHUR MAHENDRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.03.02.0162
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi proses prediksi penjualan frame kacamata yang masih
menggunakan cara manual dan permasalahan yang sering terjadi pada toko optik Tata adalah sering
mengalami kelebihan dan kekurangan stok barang, hal ini mengakibatkan banyak barang yang tidak
terjual dan banyak barang yang diperlukan konsumen namun stok barang tidak mencukupi. Tujuan
dari penelitian ini adalah membuat sebuah sistem pendukung keputusan prediksi penjualan frame
kacamata menggunakan metode trend moment. Penelitian ini dibangun berbasis web dengan
menggunakan pemrograman php dan mysql.
Metode pengembangan penelitian ini menggunakan teknik penelitian rekayasa teknologi
informasi topik acuan sistem informasi. Permasalahan yang sering terjadi pada optik TATA adalah
sering mengalami kelebihan dan kekurangan stok barang, hal ini mengakibatkan banyak barang yang
tidak terjual dan banyak barang yang diperlukan konsumen namun stok barang tidak mencukupi.
Berdasarkan hal diatas maka pemilik optik sangat berperan penting dalam mengambil sebuah
keputusan. Sistem pendukung keputusan ini sangat membantu pemilik optik dalam mengambil sebuah
keputusan, terutama untuk dapat memprediksi penjualan frame kacamata. Metode trend moment ini
digunakan untuk dapat mengatasi permasalahan yaitu prediksi penjualan frame kacamata. sistem ini
dapat mempermudah pemilik optik dalam pengambilan keputusan prediksi penjualan, sehingga proses
penjualan frame kacamata dapat dilaksanakan dengan efektif dan lebih efisien.
Hasil dari penelitian adalah sebuah sistem pendukung keputusan untuk memprediksi jumlah
penjualan frame kacamata berdasarkan data penjualan sebelumnya