Perancangan Game Edukasi Matematika Untuk Sekolah Dasar Kelas 3 Berbasis Flash


Author (Penulis)

Faisal Ardhanul Hakim
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0138

Abstract

ABSTRAK Faisal Ardhanul Hakim : Perancangan Game Edukasi Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 3 Berbasis Flash, Skripsi, Teknik Informatika, FT Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini di latar belakangi Siswa Kelas 3 MI Hidayatus Sholihin kesulitan memahami materi perhitungan di dalam Matematika. Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal - soal latihan pada proses pembelajaran kurang, serta tidak adanya media pembelajaran yang menarik. Hal tersebut menggambarkan efektifitas belajar mengajar masih rendah. Kebanyakan anak-anak merasa jenuh dan malas dengan pembelajaran konvensional dan merasa lebih menyukai bermain dari pada belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas 3 MI Hidayatus Sholihin kesuliatan memahami materi perhitungan didalam matematika. Karena tidak adanya media pembelajaran yang menarik. Dengan tujuan merancang Game edukasi berbentuk quiz menggunakan Adobe Flash. Dan merancang Game edukasi untuk menarik siswa lebih bersemangat dalam belajar matematika. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan R&D (Research & Development). Menurut Sujadi (2003) penelitian dan pengembangan Research & Development adalah suatu proses atau langkah – langkah untuk mengembangkan suatu produk baru, atau menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggungjawabkan. Hasil dari Game edukasi Matematika ini adalah berbentuk quiz menggunakan Adobe Flash. Dan game edukasi ini dapat menarik siswa lebih bersemangat dalam belajar matematika. Diharapkan kedepannya aplikasi game edukasi ini dapat dikembangkan dengan memberi tampilan waktu atau timer untuk mengetahui kecepatan siswa dalam menjawab pertanyaan. Dan aplikasi game edukasi ini dikembangkan lagi dengan menambahkan materi pembelajaran seperti : ipa, bahasa inggris, dan dapat dikembangkan dengan menambah level. Kata Kunci : game, game edukasi, berbasis flash.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI