SISTEM OPTIMALISASI PENJUALAN SEPEDA MOTOR DI DEALER YAMAHA TIMBUL JAYA MOTOR


Author (Penulis)

M Zudi Prastiawan
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0137

Abstract

Latar belakang penelitian bemula dari salah satu sales counter di Dealer Yamaha Timbul Jaya Motor Kediri menyatakan secara lisan pernah terjadi penurunan pada kuartal tiga 2016 sebesar 6%. Berdasarkan pernyataan tersebut, peneliti meminta izin dan memulai penelitian pada bulan Januari 2017. Selama penelitian, Peneliti melihat rekam transaksi bulanan dan menemukan kebenaran terjadi penurunan volume penjualan pada kuartal tiga 2016. Sedangkan volume penjualan selama kuartal pertama 2017, terjadi lagi penurunan sebesar 17% terhadap volume penjualan selama kuartal keempat 2016. Permasalahan penelitian yang ditemukan karena terjadi penurunan penjualan didasari belum adanya pendekatan promosi berdasarkan berdasarkan data konsumen dan data transaksi sebelumnya. Tujuan penelitian yaitu (1) Menerapkan metode Kmeans Clustering untuk analisa data konsumen untuk memperoleh volume penjualan dari setiap wilayah (kecamatan), produk sepeda motor yang diminati dari setiap wilayah dan model sepeda motor yang diminati dari setiap jenis pekerjaan konsumen. Selanjutnya metode Forward Chaining mempertimbangkan hasil analisa data. (2) Optimalisasi terjadi dengan menganalisa data konsumen untuk memperoleh wilayah yang menjadi referensi target penjualan sepeda motor dari tingginya volume penjualan, tingginya model sepeda motor terjual dan jenis pekerjaan yang mempengaruhi minati pembelian produk sepeda motor. Selanjutnya sistem menyeleksi hasil referensi target perjualan menjadi sebuah pernyataan analisa dimana kepada pemasaran yang memutuskan langkah promosi. Berdasarkan hasil Sistem Optimalisasi Analisa Penjualan Motor (SOAP-M) secara akumulasi menunjukkan produk Mio M3 125 AKS SSS dan model Skuter lain memiliki minat paling tinggi di wilayah Mojoroto dengan mayoritas pembeli bekerja sebagai Wirausaha. Maka kenaikan rata - rata dari penjualan kuartal kedua 2017 adalah naik 15,2%. Berdasarkan hasil kenaikan rata - rata tersebut maka disimpulkan Sistem Optimalisasi Analisa Penjualan Motor (SOAP-M) mampu memberikan efek optimalisasi terhadap penjualan sepeda motor di Dealer Yamaha Timbul Jaya Motor.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI