CLUSTERISASI PASAR UNTUK MENENTUKAN TARGET PROMOSI SENAPAN ANGIN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS


Author (Penulis)

YOYOK BUDISATRIYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0133

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pelayanan, kinerja dan sistem pemasaran yang masih belum efektif. Perekapan data transaksi masih menggunakan cara manual, serta pemasaran senapan angin yang belum terdata secara sistematis dan promosi yang kurang efisien. Hal itu menyebabkan promosi online senapan angin yang tidak akurat sehingga akan memakan waktu dan tenaga yang percuma tanpa hasil yang maksimal karena disetiap daerah mempunyai pangsa merk tersendiri. Permasalahan peneliti ini adalah bagaimana membuat sistem clusterisasi pasar untuk menentukan target promosi senapan angin dengan menggunakan metode K-Means, sebagai referensi yaitu mengcluster berdasarkan merk senapan dan letak kota penjualan. Penelitian ini menggunakan metode K-Means untuk menentukan target promosi senapan angin dari data transaksi nota penjualan sejak tahun 2016. Yang nantinya akan diaplikasikan untuk sistem Clusterisasi Pasar Untuk Menentukan Target Promosi Senapan Angin Menggunakan Metode K-Means di UD. Razqa Sport. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Aplikasi SCPSA dapat membantu perekapan data transaksi penjualan menjadi lebih efisien dan efektif karena ada fitur chart dan data transaksi yang sudah terekap dengan rapi didalam sistem sehingga memudahkan dalam melihat laporan penjualan dan bisa mencetak laporan, dari sebelumnya yang masih manual dalam bentuk nota. (2) Aplikasi SCPSA menggunakan metode K-Means yang akan mengklasifikasi dari data penjualan yang dimasukan oleh admin, yang nantinya akan menghasilkan cluster berdasarkan merk senapan angin. (3)Aplikasi SCPSA membantu pemilik usaha dalam menentukan target promosi merk senapan angin yang tepat sasaran sesuai dengan daerahnya sehingga bisa mengoptimalkan penjualan. Berdasar simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : mengingat persaingan usaha yang sangat ketat diperlukan sebuah efisiensi serta perbaikan kinerja, maka untuk optimasi penjualan bisa dilakukan secara terkomputerisasi dan aplikasi clusterisasi pemasaran senapan angin ini merupakan solusi yang baik untuk permasalahan tersebut. KATA KUNCI : Data Mining, K-Means, Cluster, Senapan Angin

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI