Implementasi Metode Algoritma Apriori untuk Menganalisa Pola Konsumen Pada Rumah Jilbab Wawa Loceret Nganjuk


Author (Penulis)

Puspa Indah Phinugrahini
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0087

Abstract

Abstrak Puspa Indah Phinugrahini : Implementasi Metode Algoritma Apriori untuk menganalisa Pola Konsumen Pada Rumah Jilbab Wawa Loceret Nganjuk, Skripsi, Teknik Informatika, FT UN PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci : Pola Konsumen, Analisia, Algoritma Apriori. Dalam persaingan di dunia bisnis industri fashion jilbab mengalami peningkatan setiap bulannya sehingga menuntut para pengembang untuk menemukan strategi jitu yang dapat meningkatkan penjualan barang yaitu dengan tetap tersedianya berbagai jenis produk dan aksesoris jilbab secara kontinu. Penerapan Algoritma Apriori dapat membantu dalam membentuk kandidat kombinasi item yang mungkin, kemudian dilakukan pengujian apakah kombinasi tersebut memenuhi parameter support dan confidence minimum yang merupakan nilai ambang yang diberikan oleh pengguna. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini akan menggunakan algoritma aprori yang akan diimplementasikan untuk menganalisa pola konsumen dalam pembelian produk apa saja yang sering dibeli secara bersamaan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem pendukung keputusan untuk menganalisa pola konsumen dalam penjualan produk dan aksesoris jilbab dengan metode algoritma apriori untuk membantu pemilik rumah jilbab dalam mengetahui kersediaan barang dan data produk dan aksesoris yang sering dibeli secara bersamaan. Sistem analisa pola konsumen yang dibuat menggunakan bahasa pemrogaman Borland Delphi menggunakan metode algoritma apriori dan SQL Server sebagai databasenya. Hasil dari penelitian ini adalah data Mining dapat di implementasikan dengan menggunakan database penjualan item produk dan aksesoris jilbab. Dengan menggunakan teknik association rule pada pembelian produk menggunakan algoritma apriori didapat setelah semua pola frekuensi tinggi ditemukan, dihitung confidence masing-masing kombinasi item. Iterasi berhenti ketika semua item telah dihitung sampai tidak ada kombinasi item lagi Berdasarkan nilai confidence itu kita dapat menemukan kecenderungan pola kombinasi itemsets produk sehingga dapat menghasilkan informasi yang sangat berharga dalam pengambilan keputusan untuk mempersiapkan stok jenis barang apa yang diperlukan kemudian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI