sistem pendukung keputusan penentuan strategi penjualan menggunakan metode algoritma apriori
Author (Penulis)
FIRDA FIRYAL
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.03.02.0086
Abstract
ABSTRAK
Apriori merupakan algoritma yang sering digunakan dalam menetukan pola hubungan keterkaitan antar produk yang sering dibeli dalam sutu toko atau swalayan.Algoritma apriori ini sangat sesuai untuk diterapkan bila ada beberapa hubungan yang ingin dianalisis. Salah satunya yang bisa diterapkan dalam bidang promosi atau penetuan strategi penjualan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah sistem strategi peningkatan penjualan pie susu berdasarkan data transaksi penjualan dan mampu meningkatkan penjualan pie susu.
Objek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penerapan algoritma apriori. Data yang di teliti berbentuk kuintasi penjualan yang di peroleh dari Toko pie Uul pada bulan mei 2017. Analisis data menggunakan program PHP MYSQL berbentuk Web.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) Sistem pendukung keputusan dapat di implementasikan dengan menggunakan data base penjualan pie susu, karena dapat menemukan kecenderungan pola kombinasi item set sehingga dapat dijadikan sebuah informasi yang nantinya dapat digunakan sebagai penentuan strategi penjualan dan promosi. (2)penerapan algoritma apriori dapat lebih efisien dan mempercepat proses pembentukan pola kombinasi item set hasil penjualan pie susu yaitu dengan support diatas 60% dan confidence diatas 70%.pada item set varian pie susu.
KATA KUNCI : SPK,Algoritma apriori, Data penjualan