SISTEM E-VOTING UNTUK PEMILIHAN KETUA PEMUDA GEREJA DENGAN ALGORITMA SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING(SAW)


Author (Penulis)

RONI SETIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0083

Abstract

ABSTRAK

 

KATA KUNCI  : E-voting, Ketua Pemuda, Simple Additive Weighting (SAW)

 

Gereja Kristen Jawi Wetan Jatiwringin merupakan gereja yang berada di Dusun Jatiwringin Desa Sukoharjo Kecamatan  Kayen Kidul Kab. Kediri. Gereja ini memiliki 7 komisi, salah satunya adalah KPPM (Komisi Pembinaan Pemuda dan Mahasiswa). Komisi ini menangani persekutuan para pemuda di dalamnya baik dalam peribadatan maupun problematika yang ada. Dalam KPPM, adanya pergantian ketua pemuda dilakukan dalam kurun waktu dua tahun sekali. Dalam pemilihan ini biasanya dilakukan dengan dua cara yaitu pengambilan suara melalui penulisan nama yang dipilih dan melalui pengutusan dari ketua komisi. Hal inilah yang dirasa tidak efektif karena tidak memertimbangkan visi, misi, dan bobot kinerja calon kandidat, karena itulah dibuatlah sistem voting online yang dapat menutupi kekurangan tersebut.

Metodologi pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode Simple Additive Weighting (SAW). Perangkat lunak yang digunakan dalam membangun aplikasi ini adalah PHP (Pear Hypertext Prepocessor) sebagai bahasa pmrograman, MYSQL sebagai database server, Sublime Text 3 sebagai penunjang.

Sistem E-voting KPPM Jatiwringin merupakan sistem yang memberikan informasi tentang kandidat tentang visi, misi, dan bobot kinerja yang dapat dinilai oleh pemilih dimana pun dan kapanpun sehingga semua pemuda baik yang berada di Jatiwringin maupun di luar kota dapat turut serta dalam pemilihan ini.

 


Keyword

SISTEM E-VOTING, KETUA PEMUDA GEREJA, SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING(SAW)

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Agung, Gregorius. (2000). Membuat Homepage Interaktif dengan CGI/perl. Jakarta: Pr. Elex Media Koputido. Tersedia: https://www.abebooks.co.uk , diunduh: 9 Januari 2018

 

Bunafit, Nugroho. (2004). MembuatAplikasi Sistem Pakardengan PHP dan MySQL dengan Editor Dreaweaver. Tersedia: http://elib.unikom.ac.id/download , diunduh: 10 Juli 2017

Elistri, Melisa, JusufWahyudi& Reno Supardi. 2014. Penerapan Metode SAW dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan pada Sekolah Menengah atas Negeri 8 Seluma. Jurnal Media Infotama Vol. 10 No. 2. Tersedia: http://jurnal.unived.ac.id>article>viewFile , diunduh: 6 Juli 2017.

 

Eniyati, Sri. 2011. Perancangan SPK untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW. Program Studi Sistem Informasi, Universitas Stikubank.Tersedia: http://belajarc.com>uploads>2017/04 , diunduh: 6 Juli 2017.

 

Farida, Intan, Yosia Septi Lestyaningtyas. Implementasi Fuzzy Clustering untuk Prediksi Pemilihan Ketua OSIS menghasilkan aplikasi prediksipemilihan ketua yang dapat membantu para kandidat dalam memprediksi ketua OSIS di SMANegeri 5 Kediri. Tersedia: https://scholar.google.co.id/scholar? , diunduh : 6 Juni 2017.

 

Frieyadie. 2016. PenerapanMetode SAW dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan. Jakarta Selatan: AMIK BSI Jakarta. Tersedia: http://ejournal.nusamandiri.ac.id>viewFile , diunduh: 10 Juli 2017.

 

Hartini, Dwi Citra, Endang Lestari Ruskan, Ali Ibrahim. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel di Kota Palembang Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). JurnalSistemInformasi (JSI), VOL. 5, NO. 1 .Tersedia: http://ejournal.unsri.ac.id>csi>artikel>view , diunduh: 10 Juli 2017.

 

Hutagalung, Muhammad Kifli. 2012. Perancangan Perangkat E-Voting Berbasis E-KTP. Jurnal SAINTIKOM Vol. 11 / No. 1 / Januari 2012. Tersedia: https://scholar.google.co.id/scholar? , diunduh: 6 Februari 2018.

 

Kadir, Abdul. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Tersedia: http://www.researchgate.net/publication, diunduh: 8 Juli 2017

 

Kadir, Abdul. 2003. DSS (Decision Support System). Jakarta. Tersedia: http://jurnal.net/jurnal-resource/file, diunduh: 8 Juli 2017

                                                    

Kasih, Patmi, Yuni Lestari. Aplikasi Penghitung Point Pelanggaran Siswa Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Bagi Badan Konseling Sekolah Dengan Simple Additive Weighting (StudiKasus: SMK N 1 Tanah Grogot Kaltim).Universitas Nusantara PGRI Kediri. Tersedia: https://scholar.google.co.id/scholar? , diunduh: 6 Juli 2017.

 

Kusuma Dewi, Sri dan Purnomo H. 2007. Apliksi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta. Graha Ilmu

Otto and J. Thornton, "Bootstrap" 19 Agustus 2011 Tersedia: https://www.getbootstrap.com , diunduh: 9 Februari 2018

Rudianto, Arief M. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta

 

Sibarani, Lambok Hasiholan. 2013. Sistem Pengolahan Transaksi Penjualan Suku
Cadang di CV. Bozzberrindo Perdana. Bandung: Perpustakaan Unikom.

 

Subhan, Mohamad. 2012. Analisa Perancangan Sistem. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia

 


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade