implementasi data mining penjualan produk wings food menggunakan metode apriori


Author (Penulis)

m. rudi hariyanto
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0076

Abstract

Banyaknyapersaingandalamduniabisniskhususnyadalamindustripenjualan, menuntutparapengusahadalambidangperdaganganuntukmenemukansuatustrategi yang dapatmeningkatkanpenjualandanpemasaranproduk yang dijual.Salah satustrategi yang dapatdilakukanadalahmenyediakanproduk-produk yang tepatdansesuaidenganselerakonsumen. Perusahaan yang bergerakdibidangpemasaranbarang PT. SinarAnugrahMulyamemilikibeberapatempatpemasaranbarangseperti di toko, pasar, swalayan yang berada di daerah Kediri. Data penjualanpadaPT.SinarAnugrahMulyaselamainitidaktersusundenganbaik, sehingga data tersebuthanyaberfungsisebagaiarsipbagiperusahaandantidakdapatdimanfaatkanuntukstrategipemasaran.Makadariitudiperlukanpembuatanlaporantentangpenjualanprodukwings fooddenganmetodeapriori. Berdasarkan data penjualanPT.SinarAnugrahMulyamenunjukkanpermintaanprodukmakanandanminumansemakinmeningkat.Makaparapelakuusaha di PT.SinarAnugrahMulyaharusselalumemikirkancara-carauntukmenyusunstrategipemasarandanharusmengetahuibarang yang lakumaupuntidaklaku di daerahtersebut.Pengembanganskalabisnis PT. SinarAnugrahMulyadilakukandenganmengolah data mining padapenjualanprodukwings food. Permasalahaninidapatdiselesaikandenganmenerapkanmetodeaprioritermasukjenisaturanasosiasipada data mining, algoritmaapriori yang bertujuanuntukmenemukanfrequent item setsdijalankanpadasekumpulan data. Dengan system yang dibuatpolapenjualandapatdiketahuidanlaporandapattersusundenganbaikkarenamenggunakan system.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI