implementasi data mining penjualan produk wings food menggunakan metode apriori
Author (Penulis)
m. rudi hariyanto
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.03.02.0076
Abstract
Banyaknyapersaingandalamduniabisniskhususnyadalamindustripenjualan, menuntutparapengusahadalambidangperdaganganuntukmenemukansuatustrategi yang dapatmeningkatkanpenjualandanpemasaranproduk yang dijual.Salah satustrategi yang dapatdilakukanadalahmenyediakanproduk-produk yang tepatdansesuaidenganselerakonsumen.
Perusahaan yang bergerakdibidangpemasaranbarang PT. SinarAnugrahMulyamemilikibeberapatempatpemasaranbarangseperti di toko, pasar, swalayan yang berada di daerah Kediri.
Data penjualanpadaPT.SinarAnugrahMulyaselamainitidaktersusundenganbaik, sehingga data tersebuthanyaberfungsisebagaiarsipbagiperusahaandantidakdapatdimanfaatkanuntukstrategipemasaran.Makadariitudiperlukanpembuatanlaporantentangpenjualanprodukwings fooddenganmetodeapriori. Berdasarkan data penjualanPT.SinarAnugrahMulyamenunjukkanpermintaanprodukmakanandanminumansemakinmeningkat.Makaparapelakuusaha di PT.SinarAnugrahMulyaharusselalumemikirkancara-carauntukmenyusunstrategipemasarandanharusmengetahuibarang yang lakumaupuntidaklaku di daerahtersebut.Pengembanganskalabisnis PT. SinarAnugrahMulyadilakukandenganmengolah data mining padapenjualanprodukwings food.
Permasalahaninidapatdiselesaikandenganmenerapkanmetodeaprioritermasukjenisaturanasosiasipada data mining, algoritmaapriori yang bertujuanuntukmenemukanfrequent item setsdijalankanpadasekumpulan data. Dengan system yang dibuatpolapenjualandapatdiketahuidanlaporandapattersusundenganbaikkarenamenggunakan system.