implementasi data mining penjualan produk wings food menggunakan metode apriori


Author (Penulis)

m. rudi hariyanto
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0076

Abstract

Banyaknyapersaingandalamduniabisniskhususnyadalamindustripenjualan, menuntutparapengusahadalambidangperdaganganuntukmenemukansuatustrategi yang dapatmeningkatkanpenjualandanpemasaranproduk yang dijual.Salah satustrategi yang dapatdilakukanadalahmenyediakanproduk-produk yang tepatdansesuaidenganselerakonsumen. Perusahaan yang bergerakdibidangpemasaranbarang PT. SinarAnugrahMulyamemilikibeberapatempatpemasaranbarangseperti di toko, pasar, swalayan yang berada di daerah Kediri. Data penjualanpadaPT.SinarAnugrahMulyaselamainitidaktersusundenganbaik, sehingga data tersebuthanyaberfungsisebagaiarsipbagiperusahaandantidakdapatdimanfaatkanuntukstrategipemasaran.Makadariitudiperlukanpembuatanlaporantentangpenjualanprodukwings fooddenganmetodeapriori. Berdasarkan data penjualanPT.SinarAnugrahMulyamenunjukkanpermintaanprodukmakanandanminumansemakinmeningkat.Makaparapelakuusaha di PT.SinarAnugrahMulyaharusselalumemikirkancara-carauntukmenyusunstrategipemasarandanharusmengetahuibarang yang lakumaupuntidaklaku di daerahtersebut.Pengembanganskalabisnis PT. SinarAnugrahMulyadilakukandenganmengolah data mining padapenjualanprodukwings food. Permasalahaninidapatdiselesaikandenganmenerapkanmetodeaprioritermasukjenisaturanasosiasipada data mining, algoritmaapriori yang bertujuanuntukmenemukanfrequent item setsdijalankanpadasekumpulan data. Dengan system yang dibuatpolapenjualandapatdiketahuidanlaporandapattersusundenganbaikkarenamenggunakan system.

Keyword

data mining, apriori, wings food

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade