SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS SEBAGAI DASAR STRATEGI PEMASARAN PADA KONTER M-PHONE
Author (Penulis)
Dony Prayogo
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.03.02.0072
Abstract
ABSTRAK
Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, muncul kios-kios pedagang kecil di pinggir jalan maupun pelosok kampung, bahkan supermarket dan minimarket pun ikut terjun di bisnis ini. Namun, mempertahankan bisnis penjualan pulsa tidaklah semudah saat memulainya, saat ini banyak counter pulsa yang mengalami kebangkrutan. Masalah utamanya adalah faktor manajemen dan kurangnya strategi pemasaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran M-PHONE Sellular agar tepat sasaran dan menggalami peningkatan penjualan, dan ntuk membangun aplikasi agar memudahkan strategi pemasaran M-PHONE Sellular menggunakan metode Clustering K-Means.
Penelitian ini menggunakan metode Clustering K-Means dengan memperhitungkan titik pusat yang dipilih dengan data training, setelah cluster menemukan nilai yang sama perhitungan berhenti yaitu hasil dari algoritma dari metode .
Hasil dari segmentasi pelanggan ini adalah dapat membantu pengusaha konter dalam menentukan pelanggan yang berpotensi menguntungkan.
Sistem segmentasi pelanggan ini berbasis web sehingga dapat diakses oleh pengusaha konter untuk menentukan pelanggan secara online, kemudian data akan diolah untuk menentukan pelanggan yang berpotensi
Kata Kunci : Segmentasi Pelanggan, Metode K-MEANS, Berbasis WEB