SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS SEBAGAI DASAR STRATEGI PEMASARAN PADA KONTER M-PHONE


Author (Penulis)

Dony Prayogo
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0072

Abstract

ABSTRAK Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, muncul kios-kios pedagang kecil di pinggir jalan maupun pelosok kampung, bahkan supermarket dan minimarket pun ikut terjun di bisnis ini. Namun, mempertahankan bisnis penjualan pulsa tidaklah semudah saat memulainya, saat ini banyak counter pulsa yang mengalami kebangkrutan. Masalah utamanya adalah faktor manajemen dan kurangnya strategi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran M-PHONE Sellular agar tepat sasaran dan menggalami peningkatan penjualan, dan ntuk membangun aplikasi agar memudahkan strategi pemasaran M-PHONE Sellular menggunakan metode Clustering K-Means. Penelitian ini menggunakan metode Clustering K-Means dengan memperhitungkan titik pusat yang dipilih dengan data training, setelah cluster menemukan nilai yang sama perhitungan berhenti yaitu hasil dari algoritma dari metode . Hasil dari segmentasi pelanggan ini adalah dapat membantu pengusaha konter dalam menentukan pelanggan yang berpotensi menguntungkan. Sistem segmentasi pelanggan ini berbasis web sehingga dapat diakses oleh pengusaha konter untuk menentukan pelanggan secara online, kemudian data akan diolah untuk menentukan pelanggan yang berpotensi Kata Kunci : Segmentasi Pelanggan, Metode K-MEANS, Berbasis WEB

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI