Aplikasi Penentu Peserta Bimbingan Belajar Dengan Metode Bayesian Classification Pada MI AL-ITTIHAD Tanjungkalang


Author (Penulis)

septy yana aningsih
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0062

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) masih lebih menekankan pengasuhan kemampuan dasar kerja ilmiah atau keterampilan proses IPA, sehingga perbelajaran lebih bermakna. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana menerapkan Bayesian Classification untuk menentukan peserta Bimbingan Belajar berdasarkan rekam jejak nilai. Peneliti ini menggunaka metode Bayes dengan objek peneliti rekam jejak nilai. Rekam jejak nilai yang diinputkan akan dibandingakan dengan nilai selanjutnya, kemudian hasil perbandingan akan diklasifikasi dengan metode bayes untuk mengetahui status siswa mendapat bimbingan belajar atau tidak. Kesimpulan dari hasil peneliti ini adalah Metode Bayesian Classification merupakan metode klasifikiasi yang dapat digunakan untuk menentukan calon peserta bimbingan belajar dengan menggunakan variabel data input rekam jejak nilai mulai nilai kelas 4 semester 1 sampai nilai kelas 6 semester 1. KATA KUNCI : Bimbingan Belajar, Bayesian Classification, MI AL-ITTIHAD

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI