PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PENJUALAN DENGAN ALGORITMA APRIORI DI CAFE KENNEDY


Author (Penulis)

DEWI FITRI CITRA PERMATA ALI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0015

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan, bahwa semakin banyak cafe yang bersaing membuat pihak cafe melakukan berbagai macam promosi. Selain itu ketersediaan data transaksi yang menumpuk serta belum adanya pengorganisiran promosi sesuai dengan keadaan. Bila hal ini tidak terselesaikan dengan baik maka akan mengakibatkan transaksi penjualan tidak bisa optimal. Permasalahan pada penelitian ini adalah sebagai berikut bagaimana mengetahui menu minuman dan makanan yang paling sering di beli oleh konsumen? Dan bagaimana pengorganisiran data penjualan? Masalah diatas dapat diselesaikan dengan menerapkan algoritma apriori, algoritma ini bisa digunakan untuk menentukan pilihan terbaik. Metode ini dianggap paling sesuai untuk menyelesaikan permasalahan ini karena perhitungan cukup mudah selain itu metode ini sesuai dengan perancangan sistem yang akan dibuat. Untuk menerapkan metode ini akan dibuat suatu sistem atau aplikasi berbasis web yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai databasenya. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah suatu Aplikasi Penjualan Cafe dengan menggunakan algoritma apriori dapat digunakan untuk melakukan perekomendasian diskon pembelian menu makanan dan minuman untuk meningkatkan penjualan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI