RANCANG BANGUN APLIKASI GAME FLASH EDUKASI KUIS ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK SISWA KELAS IV MI HIDAYATUS SHOLIHIN BERBASIS DESKTOP


Author (Penulis)

Wahyu Try Anggoro
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.02.0006

Abstract

Abstrak Wahyu Try Anggoro: Rancang Bangun Aplikasi Game Flash Edukasi Kuis Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas IV MI Hidayatus Sholihin Gurah Kediri Berbasis Desktop, Skripsi, Fakultas Teknik Iformatika, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci: Game Edukasi, Flash, IPA Siswa Kelas IV MI Hidayatus Sholihin Gurah Kediri kesulitan dengan pelajaran IPA disebabkan banyaknya materi yang harus dihafalkan oleh siswa. Selain itu proses pembelajaran masih bersifat konvensional. Jadi pada umumnya guru menyampaikan materi menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Hal ini menyebabkan para siswa menjadi bosan dan tidak fokus terhadap materi yang disampaikan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana membuat game edukasi kuis IPA Kelas IV MI Hidayatus Sholihin Gurah Kediri dengan software adobe flash CS3. (2) Bagaimana merancang game edukasi kuis IPA Kelas IV MI Hidayatus Sholihin Gurah Kediri. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian R&D(Research & Development) metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan digunakan metode survey atau kualitatif dan menguji keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi dengan baik, maka diperlukan penelitian untuk menguji keefektifan tersebut digunakan metode eksperimen (Sugiyono, 2009). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah game edukasi flash kuis Ilmu Pengetahuan Alam berbasis desktop ini dapat membatu siswa kelas VI MI HIDAYATUS SHOLIHIN lebih giat belajar lagi. Dan diharapkan untuk kedepannya game ini dapat dikembangkan dengan memberi tampilan waktu untuk mengetahui kecepatan siswa dalam menjawab pertanyaan, juga di tambahkannya materi seperti bahasa inggris, matematika dan ditambahkan level.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI