ANALISA VARIASI JENIS KOIL TERHADAP TORSI,DAYA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA SEPEDA MOTOR GL MAX 125


Author (Penulis)

AZIZ MUSTOFA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.01.0182

Abstract

Abstrak Inovasi-inovasi terus dilakukan untuk meningkatkan unjuk kerja engine hingga didapatkan kemampuan maksimumya. Salah satu perlakuan untuk meningkatkan unjuk kerja engine dan emisi gas buang adalah dengan memperbaiki kualitas pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar. Salah satunya dengan mengganti jenis koil yang lebih baik untuk memperoleh torsi, daya, maupun konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Penelitian ini memiliki tujuan antara lain adalah untuk Mengetahui torsi yang dihasilkan sepeda motor GL MAX 125cc dengan variasi jenis koil. Dan Mengetahui daya yang di hasilkan sepeda GL MAX 125cc dengan variasi jenis koil. Dan juga Mengetahui pengaruh penggantian jenis koil terhadap konsumsi bahan bakar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental, yaitu metode yang digunakan untuk menguji dan menemukan variasi yang tepat terhadap penelitian yang sudah dilakukan dengan menambahkan beberapa perlakuan variasi. Salah satunya adalah dengan memberikan variasi jenis koil merupakan metode eksperimental. Dengan memvariasi jenis koil terhadap kinerja dari sepeda motor GL MAX 125 cc, Output torsi tertinggi dihasilakn koil racing sebesar 9,3925, tetapi pada putaran RPM terendah koil standart menghasilkan ttorsi tertingi yaitu sebesar 3,6765. Sedangkan untuk daya yang dihasilkan koil racing tetap emngasilkan daya yang tertinggi dibandingkan koil standart maupun koil imitasi yaitu sebesar0,9 Hp. Sedangkan pada putaran bawah koil racing menghasilkan daya sebesar 0,765. Koil racing menghasilkan daya tertingi di putaran atas maupun bawah. Untuk konsumsi bahan bakar koil standart merupakan koil yang paling baik SFC yang dihasikan jauh lebih besar dibandingkan koil racing maupun koil imitasi yaitu sebesar 1,74 di putaran 7500 dan menghasilkan SFC sebesar1,435 pada putran 3500.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan koil racing pada sepeda motor memberikan pengaruh yang positif terhadap torsi dan daya, tetapi penggunaan koil standart merupakan koil yang baik untuk keefisiensian bahan bakar. Kata kunci:Koil,torsi, daya, konsumsi bahan bakar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI