ANALISA RASIO GEAR PADA SEPEDA MOTOR HONDA TIGER TERHADAP KECEPATAN
Author (Penulis)
BELANDY WIMALA TIRTANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.03.01.0131
Abstract
ANALISA RASIO GEAR PADA SEPEDA MOTOR HONDA TIGER TERHADAP KECEPATAN
BELANDY WIMALA TIRTANA
13.1.03.01.0131
Fakultas Teknik – Prodi Teknik Mesin
Email: landybella1@gmail.com
Fatkur Rohman, M.Pd.1 dan M. Muslimin Ilham, M.T.2
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Abstrak
Ragam cara yang bisa dilakukan demi untuk mendongkrak performa mesin mulai dari oprek mesin (bore up maupun stroke up), kelistrikan sampai mekanik. Perbedaan daya maupun torsi atau performa mesin secara signifikan pada penggantian variasi final drive dengan rasio tertentu.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh variasi gear ratio dan putaran mesin terhadap torsi pada Sepeda Motor Tiger, (2) variasi gear ratio dan putaran mesin terhadap daya pada Sepeda Motor Tiger dan (3) Gear ratio yang mampu menghasilkan kecepatan (km/jam) tertinggi. Desain penelitian menggunakan eksperimen dengan analisa Data menggunakan analisis varian (Anova) dan bantuan software miniTAB17.
Hasil penelitian menunjukkan torsi tertinggi pada gear ratio 14/38 dengan putaran mesin 7000 rpm sebesar 1,46 kgf.m. hasil pengujian yang mampu menghasilkan daya tertinggi pada gear ratio 14/38 dengan putaran mesin 8000 rpm sebesar 15,7615 Hp. Gear ratio yang mampu menghasilkan kecepatan tertinggi ada pada gear ratio 14/38 dengan putaran mesin konstan 8000 rpm sebesar 133.3 km/jam. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan rasio gear dan putaran mesin berpengaruh secara signifikan terhadap torsi dan daya dengan hasil P-value < 0.05 serta gear ratio 14/38 mampu menghasilkkan kecepatan yang maksimal.
Kata kunci : Rasio Gear, Honda Tiger, Kecepatan.