ANALISA PENGARUH PERUBAHAN INTAKE MANIFOLD TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125 CC


Author (Penulis)

ZHAKARIA TOMI ERLANGGA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.01.0126

Abstract

ABSTRAK ZHAKARIA TOMI ERLANGGA : Analisa Pengaruh Perubahan Intake Manifold Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Honda Supra X 125 Cc, Skripsi, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci : Intake Manifold, performa mesin Perkembangan dan kemajuan ilmu teknologi didunia otomotif saat ini telah mengalami perkembangan dengan pesat. Hal ini karena persaingan industri otomotif itu sendiri, penemuan dan penciptaan alat-alat transportasi yang terus mengalami kemajuan dan perkembangan dengan baik khususnya sepeda motor. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan membuktikan apakah fenomena pengaruh perubahan ukuran intake manifold tersebut dapat mempunyai efek terhadap kenaikan performa mesin yang meliputi daya dan torsi sepeda motor serta efek terhadap efisiensi pemakaian bahan bakar. Desain penelitian menggunakan exsperimen dengan analisa data menggunakan analisis of varians (Anova) dan bantuan software miniTAB16. Penelitian dilakukan pada variasi putaran 4000, 4500, 5000, 5500, 6000 rpm dengan interval kenaikan 500 rpm untuk mengetahui torsi, daya dan efisiensi pemakaian bahan bakar. Data hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil pada intake manifold dengan diameter intake diperbesar 4 mm dengan panjang standart ternyata mempunyai pengaruh terbaik terhadap kenaikan performa mesin, hal tersebut terbukti dengan meningkatnya daya maksium sebesar 8.696 hp dan torsi maximum 1,1 N.m. Namun mengakibatkan menurunnya nilai pemakaian bahan bakar spesifik bila di bandingkan dengan intake manifold standart dan intake manifold yang diameternya diperbesar 4 mm serta panjangnya di potong 15 mm. Sedangkan untuk efisiensi pemakaian bahan bakar atau spesific fuel consumtion (SFC) Pada intake manifold dengan diameter intake lebih besar 4 mm serta panjangnya dipotong 15 mm dapat menghemat pemakaian bahan bakar pada mesin motor bila dibandingkan dengan menggunakan intake manifold standart ataupun menggunakan intake manifold dengan diameter intake diperbesar 4 mm.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI