ANALISA VARIASI KERENGGANGAN CELAH KATUP TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA MOTOR HONDA GL MAX
Author (Penulis)
AGASTYA BUDI SUSILO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.03.01.0100
Abstract
Abstrak
Mekanisme katup adalah salah satu bagian terpenting dari motor 4 langkah. Untuk memaksimalkan kembali kerja mekanisme katup yang turun karena setelan katup tidak lagi seperti semula bisa diatasi dengan cara menyetel ulang kerenggangan celah katup tersebut sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kerenggangan celah katup terhadap torsi dan mengetahui pengaruh kerenggangan celah katup terhadap daya motor Honda GL max dengan putaran mesin yang berbeda. Penelitian menggunakan teknik eksperimental sedangkan untuk analisa data penelitian menggunakan Analysis Of Variance (ANOVA) dengan bantuan software minitab 17. Hasil penelitian menunjukkan nilai torsi tertinggi sebesar 13.304 N.m nilai ini didapat dari eksperimen yang telah dilaksakan dengan mengunakan kombinasi Kerenggangan celah katup 0.20 mm dan putaran mesin 5500 Rpm. Sedangkan untuk output daya dengan menggunakan kombinasi variasi kerenggangan celah katup 0.20 mm dan putaran mesin 7500 Rpm sebesar 10.287 Hp. Hasil ANOVA untuk kerenggangan celah katup mampu berpengaruh terhadap output torsi dengan P-Value < ? (0.05) sedangkan untuk putaran mesin tidak berpengaruh terhadap torsi yang menunjukkan P-Value > ? (0.05). Hasil analisa untuk kerenggangan celah katup dan putaran mesin mampu berpengaruh terhadap daya dengan P-Value < ? (0.05). Sehingga dapat disimpulkan untuk faktor celah katup tidak berpengaruh secara signifikan terhadap torsi sedangkan putaran mesin berpengaruh secara signifikan dan untuk hasil daya faktor kerenggangan celah katup dan putaran mesin mampu berpengaruh secara signifikan.
Kata kunci : Kerenggangan celah katup, torsi, daya