ANALISA VARIASI KERENGGANGAN CELAH ELEKTRODA BUSI TERHADAP TORSI DAN DAYA MOTOR SUPRA X 125


Author (Penulis)

MUCHAMMAD IQBAL ROZIQIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.01.0087

Abstract

Meningkatkan performa mesin melalui modifikasi di sistem pembakaran merupakan solusi yang terus-menerus dilakukan di dunia otomotif saat ini. Upaya yang dilakukan dalam perbaikan sistem pembakaran adalah dengan cara mengatur ulang sistem pengapian. Dengan melakukan penggantian busi standar dengan busi racing dan kerenggangan celah elektroda yang berbeda diharapkan mampu meningkatkan pembakaran yang terjadi di ruang bakar. Penelitian ini bertujuan, (1)mengetahui pengaruh kerenggangan celah busi terhadap torsi motor honda supra X 125 dengan putaran mesin 5000 rpm, (2) mengetahui Pengaruh kerenggangan celah busi terhadap daya motor honda supra X 125 dengan putaran mesin 5000 rpm, (3) mengetahui pengaruh jenis busi terhadap torsi motor honda supra X 125 dengan putaran mesin 5000 rpm (4) mengetahui pengaruh jenis busiterhadap daya motor honda supra X 125 dengan putaran mesin 5000 rpm. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan hasil analisa data menggunakan analysis of varians pada software minitab 16. Hasil penelitian Hasil pengujian menunjukan kerenggangan celah busi berpengaruh terhadap output torsi dengan hasil Fhitung lebih besar dibanding Ftabel dan P-Value kurang dari 0.05 atau nilai signifikan. Celah katup 0.9 mm yang menghasilkan torsi tertinggi dengan nilai rata – rata 14.621 N.m. Pengujian kerenggangan celah busi tidak berpengaruh terhadap output daya dengan hasil hasil Fhitung lebih kecil dibanding Ftabel dan P-Value lebih dari 0.05 atau nilai signifikan. Hasil pengujian menunjukkan jenis busi berpengaruh terhadap torsi dimana hasil Fhitung lebih besar dibanding Ftabel dan P-Value kurang dari 0.05 atau nilai signifikan. Untuk jenis busi racing menghasilkan nilai torsi terendah dengan nilai rata – rata 13.856 N.m. Jenis busi tidak berpengaruh signifikan terhadap daya dimana hasil Fhitunglebih rendah dibanding Ftabel dan P-Value lebih dari 0.05 atau nilai signifikan. Kata kunci :Kerenggangan Celah Busi, Torsi, Daya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI