ANALISA SUDUT KELENGKUGAN INTAKE MANIFOLD TERHADAP PERFORMA MESIN PADA MOTOR EMPAT TAK


Author (Penulis)

ADI SETIYAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.01.0067

Abstract

Peminat sepeda motor akhir-akhir ini sangat banyak sekali, hal inilah yang menjadikan industri sepeda motor semakin berinovasi menjadi lebih baik lagi, salah satu inovasi yang bisa di lakukan adalah merubah intake manifoldnya. Intake manifold merupakan bagian kendaraan tempat mengalirnya udara dan bahan bakar dari karburator menuju ruang pembakaran melalui katup masuk. Untuk mendapatkan aliran turbulent diperlukan adanya modifikasi pada bagian mesin, salah satunya modifikasi pada intake manifold. Apabila aliran bahan bakar menjadi turbulent maka campuran bahan bakar menjadi homogen atau sempurna. Untuk itu dilakukan penelitian dengan mengubah lengkungan intake manifold dengan tujuan mengetahui seberapa besar pengaruh terhadap torsi, daya, konsumsi bahan bakar, Penelitian yang dilakukan meliputi kelompok standar, kelompok eksperimen meliputi variasi 1 dengan sudut lengkung 190?, variasi 2 dengan sudut lengkung 200? dan variasi 3 dengan sudut lengkung 250?. Desain penelitian ini adalah model experimen dengan analisa data menggunakan analisis varian (Anova) dan bantuan software miniTAB16. Analisa data dilakukan pada rpm 2500-4500 pada beban penuh untuk mengetahui torsi, daya, konsumsi bahan bakar dan tekanan efektif rata-rata. Data hasil penelitian yang diperoleh dimasukkan dalam tabel dan ditampilkan dalam bentuk grafik selanjutnya dideskripsikan dengan kalimat sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa menggunakan intake manifold variasi 1 meningkatkan performa mesin Supra fit x tahun 2007, Penurunan torsi rata-rata menggunakan variasi 1 (sudut kelengkungan 190°) sebesar 2.12, 1.83, 1.49 (kgf.m),. Daya efektif rata-rata meningkat pada variasi 2 (sudut kelengkungan 200°) dengan persentase sebesar dari 7.354, 9.101, 9.394 (HP). Konsumsi bahan bakar rata-rata pada variasi 3 (sudut kelengkungan 250°) menurun sebesar 1.14%, 1.26%, 1.29%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI