ANALISA PENGARUH VARIASI JENIS COP DAN BUSI TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR GL MAX 125 CC


Author (Penulis)

AJI PRIYAMBODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.01.0058

Abstract

Abstrak

 

Meningkatkan performa mesin sepeda motor melalui modifikasi di sistem pembakaran merupakan solusi yang terus-menerus dilakukan di dunia otomotif saat ini. Upaya yang dilakukan dalam perbaikan sistem pembakaran adalah dengan cara mengatur ulang sistem pengapian. Dengan melakukan penggantian busi standar dengan busi iridium dan cop busi standart  dengan cop busi Kitaco  yang berbeda diharapkan mampu meningkatkan pembakaran yang terjadi di ruang bakar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya perbedaan daya dan torsi pada sepeda  motor  GL  MAX 125 cc yang dihasilkan dari cop dan busi variasi dengan cop dan busi standart.

Hasil pengujian menunjukan variasi busi dan cop busi berpengaruh terhadap output daya dengan hasil Fhitung  75,09 lebih besar dibanding Ftabel 3,68. Jenis busi iridium  dan cop busi Kitaco  menghasilkan daya tertinggi dengan nilai rata – rata 18,016 Hp dan busi standart dan cop busi standart  menghasilkan daya terendah dengan nilai rata – rata 13,909.

Hasil pengujian menunjukan variasi busi dan cop busi berpengaruh terhadap output  torsi dengan hasil Fhitung  56,38 lebih besar dibanding Ftabel 3,68. Jenis busi racing dan cop busi racing menghasilkan torsi tertinggi dengan nilai rata – rata 1,83 kgf.m dan jenis busi standart dan cop busi standart memiliki torsi terendah dengan nilai rata – rata 1,51 kgf.m.

 

Kata Kunci : Variasi Cop dan Busi, Daya, Torsi


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Abdel & Rehim. 2012. Dampak Dari Jumlah Busi Elektroda Pada Stabilitas Mesin. Bandung: Pustaka Grafika.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arismunandar. 2005. Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Bandung: Penerbit ITB.

Gunawan. 2008. Pengaruh Penggunaan Busi Standart dan Busi Bermassa tiga Jika Menggunakan Bahan Bakar Alkohol Terhadap Kinerja Mesin. Surakarta:  UMS

Hidayat . 2012. Motor Bensin 4 Langkah. Jakarta: Erlangga.

Setyawan. 2009. Kinerja Motor Bensin 4 Langkah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI