ANALISA PENGARUH VARIASI TEKANAN KERJA KOMPRESOR TERHADAP PERFORMANSI SISTEM AC PADA MOBIL DAIHATSU FEROZA


Author (Penulis)

DANANG TRI SAGORO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.01.0044

Abstract

Abstrak Danang Tri Sagoro : Analisa Pengaruh Variasi Tekanan Kerja Kompresor Terhadap Performansi Sistem Ac Pada Mobil Daihatsu Feroza, Skripsi, Teknik Mesin, FT UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci : Variasi tekanan kompresor AC, Performansi AC mobil, COP Dengan adanya AC mobil maka suhu kelembapan udara dan kebersihan udara di dalam mobil dapat terjaga. AC menyebabkan kendaraan mengkonsumsi bahan bakar yang lebih banyak Performansi pada sistem AC mobil sangat dipengaruhi oleh kerja kompresor, sehingga tekanan kerja pada kompresor sangat mempengaruhi kinerja AC mobil Daihatsu Feroza. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh variasi tekanan kerja kompresor terhadap performansi sistem AC pada Daihatsu Feroza? (2) Pada variasi tekanan ke berapa COP akan optimal? Metode penelitian ini dilakukan dengan variasi tekanan kerja kompresor 20psi, 25psi, 30psi, 35psi. Proses pengambilan data pada AC mobil meliputi P1, P2, T1, T3. Setelah pengambilan data pada AC mobil data tersebut dianalisis secara teoritis dengan mennggambarkan diagram P-h untuk mengetahui nilai entalpi(h1, h2, h3, h4), temperatur evaporator(Te), dan temperatur kondensor(Tk). Setelah diketahui nilai entalpi baru bisa mencari nilai COP dan Efisiensi AC mobil. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dengan peningkatan variasi tekanan kerja kompresor berpengaruh terhadap nilai Coefficient Of Performance (COP) atau unjuk kerja pada AC mobil, ini ditunjukan dengan data yang dihasilkan. Nilai COP pada tekanan 20 psi yaitu 4,00 kj/kg dan pada tekanan 35 psi yaitu 6,25 kj/kg. Nilai Coefficient Of Performance (COP) akan optimal pada tekanan kerja 35 psi. Semakin besar variasi tekanan kerja kompresor ac mobil yang diberikan maka semakin cepat menurunkan suhu/mendinginkan ruangan dalam kabin mobil. Efisien tertinggi yang dihasilkan dari AC mobil daihatsu feroza ini senilai 99,40% Saran dari penelitian ini adalah perlu adanya pengujian lanjut tentang variasi tekanan kompresor pada mobil keluaran baru untuk mengoptimalkan kinerja AC. Untuk penelitian tentang analisa maupun perancangan AC yang selanjutnya diharapkan komponen AC tersebut dalam kondisi baik atau baru untuk mencapai hasil yang optimal. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk memvariasi tekanan kerja kompresor AC yang lebih tinggi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI