ANALISIS PERBANDINGAN KATUP STANDART DENGAN KATUP MODIFIKASI TERHADAP PERFORMA MOTOR HONDA FIT X 100CC(4TAK)
Author (Penulis)
MOH.IKHSAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.03.01.0037
Abstract
Abstrak
Peminat sepeda motor akhir-akhir ini semakin meningkat, hal inilah yang menjadikan
industri sepeda motor semakin berinovasi menjadi lebih baik lagi, salah satu inovasi yang bisa
di lakukan adalah merubah katup/valve. katup merupakan bagian kendaraan yaitu pintu keluar
masuknya bahan bakar dari karburator menuju ruang pembakaran dan keluar dari ruang
pembakaran menuju kenalpot dan juga sebagai penahan tekanan pembakaran (kompresi).
Untuk itu dilakukan penelitian dengan modifikasi katup dengan tujuan mengetahui.
Permasalahan pada penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil rancangan modifikasi katup
motor Honda Fit X 100CC, performa dan Efensiensi bahan bakar setelah modifikasi
menggunakan bahan bakar pertalite dan pertamax. Modifikasi katup yang dibuat adalah katup
standart ,muka katup datar dan muka katup cekung. Hasil penelitian kemudian di analisis
dengan menggunakan ANOVA dengan bantuan software minitab 16. Pengujian dilakukan
pada rpm 2500-4500 dengan beban penuh.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perfoma terbaik ini dihasilkan oleh
modifikasi 1 katup standart. Torsi tertinggi dihasilkan dari katup muka datar (flad) dengan
bahan bakar pertamax yaitu sebasar 2.12, 1.85, 1,52 (kgf.m). sedangkan Daya efektif tertinggi
juga dihasilkan dari katup muka datar (flad) dengan bahan bakar pertamax yaitu sebasar
7.365, 8.982, 9.560 (HP). Sedangkan pada Konsumsi bahan bakar yang efensien dihasilkan
dari katup muka datar (flad) dengan bahan bakar pertamax yaitu sebasar 14.16, 15.6, 15.96.
Kata kunci : katup, performa, honda fit x.