Analisis Hasil Kebulatan Benda Kerja ST 40 dengan Variasi Kedalaman Potong dan Panjang Pencekaman pada Mesin Bubut


Author (Penulis)

RONI KURNIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.03.01.0023

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin pentingnya baja bagi kehidupan manusia. Manusia terus mengembangkan menjadi bentuk-bentuk sesuai dengan keingan mereka. Mereka menghendaki tingkat kepresisian yang tinggi di tiap-tiap pengerjaan. Terutama untuk faktor kebulatan, Untuk mendapatkan kebulatan yang sesuai hasil dengan permintaan gambar kerja maka perlu faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kebulatan pada pengerjaan logam dengan mesin bubut antara lain kecepatan spindel, kedalaman potong, gerak pemakanan, kondisi mesin, pahat dan operator. Berdasarkan uraian diatas perlu dilakukan penelitian tentang analisis hasil kebulatan benda kerja ST 40 dengan variasi kedalaman potong dan panjang pencekaman pada mesin bubut.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui hasil kebulatan benda kerja ST 40 dengan variasi kedalaman potong. Selain itu juga untuk mengetahui hasil kebulatan benda kerja ST 40 dengan variasi panjang pencekaman.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik eksperimen. Dengan variabel bebasnya adalah panjang pencekaman (lt) : (100 ; 150 ; 200) mm Kedalaman Makan  : ( 0,5 ; 1 ; 1,5 ) mm. Sedangkan untuk variabel bebasnya adalah kebulatan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kebulatan terbaik terjadi pada kedalaman potong 0,5 mm dengan panjang pencekaman 75 mm dan kedalaman potong 1 mm dengan panjang pencekaman 75 mm. Hal ini terjadi dikarenakan benda uji dengan pahat itu     mengalami suatu gesekan lebih kecil dan halus sehingga getaran yang terjadi pada mesin bubut lebih kecil.

 

Kata Kunci : Kebulatan, kedalaman potong, panjang pencekaman, proses bubut.


Keyword

Material Baja, Kebulatan Proses Bubut, Panjang Pencekaman dan Kedalaman Potong

Reference

Ardinta, D. S. 2011. Pengaruh Gerak Makan dan Sudut Potong Utama Terhadap Hasil Kesilindrisan Permukaan Benda Kerja ST 42 Terhadap Proses Bubut Silindris. Jurnal. Teknik Mesin. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Astanta, A. D. 2012. Pengaruh Variasi Parameter Kedalaman Potong Kecepatan Makan Gerak Makan Terhadap Kebulatan Permukaan Pada Baja AISI 1045. Skripsi. Teknik Mesin. Universitas Muhammadiyah Jember.

Marsyahyo, Eko. 2003. Mesin Perkakas Pemotongan Logam. Bayu Media Publishing, Malang.

Nur Ichlas. 2007. Studi Experimental Pengaruh kedalaman potong teradap laju penghasilan geram dengan menggunakan Sound untuk Mendapatakan Operasi Optimal. Tesis. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Priyanto, R. A. 2012. Pengaruh Depth Of Cut Terhadap Kebulatan Permukaan Pada Baja AISI 1045 Pada Proses Bubut. Skripsi Teknik Mesin.Universitas Muhammadiyah Jember.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade