Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jamu Bintang Songo di Ngadiluwih Kab. Kediri


Author (Penulis)

INGGIT PUTRI ARDATA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0595

Abstract

ABSTRAK Persaingan dalam dunia bisnis sangat mengharuskan perusahaan memiliki keunggulan kompetitif untuk tetap mampu bertahan di dunia bisnis sekarang ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah harga, kualitas produk, dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Jamu Bintang Songo di Ngadiluwih Kab. Kediri. Variabel yang digunakan yaitu harga, kualitas produk, pelayanan, dan keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 70 konsumen dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Baley, yang didapatkan sampel sebanyak 70 sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner (angket).Pertanyaan – pertanyaan yang digunakan dalam angket disusun berdasarkan skala rikert. Pengukuran kuesioner menggunakan uji validitas dan uji reabilitas yang diuji menggunakanSPSS For Windows Versi 23yang menunjukkan hasli valid dan reabel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji pengaruh secara parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama – sama yang diuji menggunakan SPSS For Windows Versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,087 dan nilai beta 0,70, kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,000 dan nilai beta 0,938, pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,014 dan nilai beta 0,100. Secara simultan variabel harga, kualitas produk, dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,000. Variabel yang dominan memberikan pengaruh terbanyak pada keputusan pembelian adalah kualitas produk dibuktikan dengan nilai beta paling tinggi dari variabel lainnya yaitu sebesar 0,938. Sedangkan variabel yang memberikan pengaruh paling sedikit terhadap keputusan pembelian yaitu harga dibuktikan dengan nilai beta terkecil dibanding variabel lainnya yaitu sebesar 0,070. KATA KUNCI:Harga, Kualitas Produk, Pelayanan, Keputusan Pembelian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI