ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BENIH PADI MEREK INPARI 16 DI KABUPATEN TULUNGAGUNG (STUDI KASUS PADA CV. AGRO INDO SEED)
Author (Penulis)
EKA PRANATA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0591
Abstract
ABSTRAK : Penelitian ini dilatarbelakangi karena untuk menciptakan keputusan pembelian yang baik diperlukan bauran pemasaran yang baik dalam sebuah perusahaan. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pengaruh produk terhadap keputusan pembelian Benih Padi Merek Inpari 16 di CV. Agro Indo Seed. (2) Untuk menganalisis pengaruh harga produk terhadap keputusan pembelian Benih Padi Merek Inpari 16 di CV. Agro Indo Seed. (3) Untuk menganalisis pengaruh distribusi terhadap keputusan pembelian Benih Padi Merek Inpari 16 di CV. Agro Indo Seed. (4) Untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian Benih Padi Merek Inpari 16 di CV. Agro Indo Seed. (5) Untuk menganalisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian Benih Padi Merek Inpari 16 di CV. Agro Indo Seed. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 100 responden yakni konsumen yang menggunakan produk benih padi Inpari 16. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap pengujian, diantaranya : Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Linier Berganda, Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis dengan menggunakan software SPSS for Windows versi 23.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan dari produk terhadap keputusan pembelian di CV. Agro Indo Seed. (2) Ada pengaruh yang signifikan dari harga terhadap keputusan pembelian di CV. Agro Indo Seed. (3) Ada pengaruh yang signifikan dari distribusi terhadap keputusan pembelian di CV. Agro Indo Seed. (4) Ada pengaruh yang signifikan dari promosi terhadap keputusan pembelian di CV. Agro Indo Seed. (5) Ada pengaruh yang signifikan dari produk, harga, distribusi, dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian di CV. Agro Indo Seed.
Kata Kunci : produk, harga, distribusi, promosi, dan keputusan pembelian