PENGARUH INOVASI PRODUK, KUALITAS PRODUK DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPONE XIAOMI DI UN PGRI KEDIRI
Author (Penulis)
HENDRY WIDIYANTORO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0576
Abstract
Hendry widiyantoro: pengaruh inovasi produk, kualitas produk, dan corporate social responsibility terhadap keputusan pembelian produk smartphone xiaomi
di UN PGRI Kediri.
Kata Kunci: inovasi produk, kualitas produk, dan corporate social responsibility
Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin banyaknya persaingan indutri telekomuniksi kususnya telepon pintar atau smartphone yang semakin tahun semakin meningkat, namun persaingan bisnis memerlukan strategi yang kompeten dalam mengahdapi persaingan global. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, kualitas produk dan corporate social responsibility terhadap keputusan pembelian smartphone xiaomi di UN PGRI Kediri baik secara parsial maupun simultan.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah inovasi produk, kualitas produk dan corporate social responsibility dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif. metode pengambilan sampel adalah purposive dengan teknik kuisioner, dari 100 responden yang diambil dari mahasiswa UN PGRI Kediri untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dalam bentuk skala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F).
Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara inovasi produk terhadap keputusan pembelian smartphone xiaomi di UN PGRI Kediri, Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone xiaomi di UN PGRI Kediri, Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara corporate social responsibility terhadap keputusan pembelian smartphone xiaomi di UN PGRI Kediri. Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel inovasi produk, kualitas produk dan corporate social responsibility secara simultan terhadap keputusan pembelian smartphone xiaomi di UN PGRI Kediri.
Produsen smartphone xiaomi perlu menambah porsi promosi dalam meningkatkan penjualan produknya, Setiap bidang usaha memiliki karakteristik konsumen masing-masing, sesuai produk, pendekatan personal, layanan prima terhadap konsumen menjadi keharusan bagi pemilik usaha, mengingat semakin hari kompetisi dari usaha sejenis akan semakin ketat, Pada penelitian selanjutnya, diharapkan untuk memperdalam teori keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen, memahami karakteristik konsumen.