Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Industri Kerajinan Aluminium Elma Jaya Kediri Tahun 2017


Author (Penulis)

PUJI RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0573

Abstract

Puji Rahayu: Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Industri Kerajinan Aluminium Elma Jaya Kediri Tahun 2017, Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri,2018. Kata kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Pelanggan Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidakpuasan pelanggan yang ditunjukkan dengan munculnya keluhan dari para pelanggan yang telah menggunakan produk dari industri aluminium Elma Jaya Kediri. Melihat permasalahan yang ada, maka penelitian ini diarahkan untuk menganalisis mengenai bagaimana meningkatkan kepuasan pelanggan dengan didukung peningkatan kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi Penelitian ini bermaksud menganalisa pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan, dengan objek penelitian adalah pelanggan dari industri aluminium Elma Jaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada industri aluminium Elma Jaya secara parsial dan simultan. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunakan teknik korelasional dengan 60 responden yang sudah menggunakan produk Elma Jaya lebih dari 2 kali dengan usia minimal 30 tahun. Konsumen yang menggunakan produk minimal 2 kali maka dianggap telah menjadi pelanggan dari industri kerajinan aluminium Elma Jaya. Dari hasil analisis menggunakan regresi berganda dapat diketahui bahwa kualitas produk (X1), kualitas pelayanan, (X2), dan promosi (X3) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) baik secara parsial maupun simultan. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikan yang lebih kecil daripada t tabel sebesar 0,022 < 0,05.Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikan yang lebih kecil daripada t tabel sebesar 0,036 < 0,05.Promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikan yang lebih kecil daripada t tabel sebesar 0,027 < 0,05.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI