Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Bebek Goreng Krispi


Author (Penulis)

CANDRA YULIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0572

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan karena dalam bisnis makanan seperti Bebek Goreng Krispi “BEGOK”, dituntut untuk mampu memenuhi kebutuhan konsumennya, agar pelanggan yang datang membeli makanan mendapatkan kepuasan. Mengingat, pengusaha jasa berupa makanan, kepuasan pelanggan merupakan syarat mutlak untuk mampu bertahan sebagai bukti kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan, (2) Pengaruh Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan, (3) Pengaruh Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan, (4) Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, dan Promosi secara bersama-sama terhadap Kepuasan Pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, lokasi, dan promosi secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan Bebek Goreng Krispi “BEGOK” di Pare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan kausal komparatif. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel yang diambil sesuai kategori yang telah ditentukan peneliti yaitu: (1) Pelanggan yang makan di outlet, (2) Pelanggan yang telah melakukan pembelian lebih dari satu kali, (3) Berumur diatas 15 tahun. Penelitian menggunakan teknik multi variabel yang menghasilkan 40 responden, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS versi 23. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah:(1) Kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan Bebek Goreng Krispi “BEGOK” di Pare,(2) Lokasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan Bebek Goreng Krispi “BEGOK” di Pare, (3) Promosi berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan Bebek Goreng Krispi “BEGOK” di Pare, (4) Kualitas produk, lokasi, dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan Bebek Goreng Krispi “BEGOK” di Pare.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI