PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN WINGS CREAM, (STUDI PADA IBU RUMAH TANGGA DI DESA KWADUNGAN KECAMATAN NGASEM KEDIRI)
Author (Penulis)
NOVILIA TRISTIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0552
Abstract
ABSTRAK
Secara umum pemasaran dapat dikatakan sebagai pola pikir yang menyadari bahwa perusahaan tidak dapat bertahan tanpa adanya transaksi pembelian. Kualitas produk merupakan pemahaman bahwa produk yang ditawarkan oleh penjual mempunyai nilai jual lebih yang tidak dimiliki oleh produk pesaing. Bentuk persaingan langsung banyak terjadi antara merek dari jenis dan bentuk produk yang sama di pasar. Pada struktur pasar yang kompleks, merek dari jenis produk yang berbeda dapat bersaing juga.
Pemasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sabun Wings Cream konsumen ibu rumah tangga di Desa Kwadungan Kecamatan Ngasem? (2) Apakah harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sabun Wings Cream konsumen ibu rumah tangga di Desa Kwadungan Kecamatan Ngasem? (3) Apakah citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sabun Wings Cream konsumen ibu rumah tangga di Desa Kwadungan Kecamatan Ngasem? (4) Apakah kualitas produk, harga dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sabun Wings Cream konsumen ibu rumah tangga di Desa Kwadungan Kecamatan Ngasem?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga di Desa Kwadungan Kecamatan Ngasem Kediri. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan Sampel yang yang digunakan sebanyak 40 orang responden dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 21.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sabun wings cream. (2) harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sabun wings cream. (3) citra Merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sabun wings cream, dan (4) Kualitas produk, harga dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sabun wings cream.
KATA KUNCI: Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian.