PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BATU BATA MERAH DI HOME INDUSTRY KALORAN KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

SOFYAN TRIWAHYUDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0547

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Mengetahuiapakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen batu bata merah di home indusrty Kaloran Kabupaten Nganjuk. (2) Mengetahui apakah kualitas produk berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen batu bata merah di home indusrty Kaloran Kabupaten Nganjuk. (3) Mengetahui apakah harga berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen batu bata merah di home indusrty Kaloran Kabupaten Nganjuk. (4) Mengetahui apakah kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen batu bata merah di home indusrty Kaloran Kabupaten Nganjuk.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Dengan menggunakan 4 variabel ( 3 variabel independen dan 1 variabel dependen. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka penulis melakukan kegiatan pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan, kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, dan harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen batu bata merah home industry Kaloran. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen batu bata merah home industry Kaloran di Kabupaten Nganjuk sebanyak 40 responden. Menggunakan karakteristik responden antara lain berdasarkan jenis kelamin, usia, jenis pekerjaan, tingkat pendidikan. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji determinasi, dan uji hipotesis.

            Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen batu bata merah di home industry Kaloran Kabupaten Nganjuk. (2) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen batu bata merah di home industry Kaloran Kabupaten Nganjuk. (3) Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen batu bata merah di home industry Kaloran Kabupaten Nganjuk. (4) Kualitas pelayanan, kualitas produk, harga, secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen batu bata merah di home industry Kaloran Kabupaten Nganjuk.

 

KATA KUNCI  :Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen


Keyword

a

Reference

Daftar pustaka

Kotler, Philip, dan Armstrong Gary. 2010. Marketing Management. Edisi 13. New Jersey:Pearson Prentice Hall Inc

Kotler, Philip, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta:Erlangga

Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Strategik.Yogyakarta:ANDI

______.2017. Strategi Pemasaran.Edisi 4. Yogyakarta:ANDI

Masruri, A. 2013.Layanan  Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Tiki  Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manjemen . Vol. 2 No.7 .

Moha, S. dan S. Loindong.2016 Analisis Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta di Kota Manado.Jurnal EMBA 4 (1) : 583.

Noeraini., I. A. 2016. Pengaruh Tingkat Kepercayaan , Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 5 (5):7-16.

Pradina , S. 2012. Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Kabupaten Demak. Sistem Informasi Jurnal Ilmiah USM. Vol. 1 No.2.

Risnawati dan Huda , N. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Perumahan Komplek Amd Permai Banjarmasin ). Jurnal Wawasan Manajemen, Vol.2, No.1, 43-53.

Republik Indonesia.2008. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Lembaga Negara Republik Indonesia Tahun 2008  Nomor 93; Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor  4866). Sekertariat Negara. Jakarta.

Kementrian Perindustrian, “Perkembangan dan Pertumbuhan Sektor Industri di Indonesia” https://www.kemenperin.go.id/. Diakses 27 Juli 2017.


PUBLISHED

2018-08-23

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI