PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK ROTI TAWAR


Author (Penulis)

MOCHAMAD AGUS HARIYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0540

Abstract

Abstrak Moch. Agus Hariyanto : Pengendalian Kualitas Produk Roti Tawar “DELLA” Menggunakan Metode Statistical Process Control. Kata Kunci : Kualitas Produk, Pengendalian Kualitas, Statistical Process Control. Latar belakang dari penelitian ini tentang pengendalian kualitas produk perusahaan yang perlu dilakukan agar menghasilkan produk yang berkualitas unggul dan dapat bersaing di pasar. Pengendalian kualitas dilakukan dengan cara mengendalikan tingkat kerusakan produk, yang dapat dilakukan dengan menggunakan metode statistical process control. Selain menggunakan metode tersebut kita juga perlu mengetahui jenis-jenis dari kerusakan produk. Hal tersebut harus dilakukan agar perusahaan dapat berkembang dan hasil produksi semakin berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana indentifikasi jenis-jenis kerusakan/kecacatan produk di Perusahaan Roti Tawar “DELLA”, (2) Bagaimana tingkat pengendalian kerusakan produk di Perusahaan Roti Tawar “DELLA”, (3) Faktor-faktor apa yang berpengaruh dalam upaya pengendalian kualitas produk di Perusahaan Roti Tawar “DELLA” . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yang digunakan adalah hasil produksi dari Perusahaan Roti Tawar “DELLA” dan dianalisis menggunakan metode Statistical Process Control. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Berdasarkan analisis dari tabel, gambar serta grafik dapat kita ketahui identifikasi jenis-jenis kerusakan produk yaitu : terdapat kotoran, salah potong, warna tidak sesuai, ukuran kecil, ukuran besar (2) Berdasarkan grafik Peta Kendali (P-Chart) dapat kita ketahui bahwa pengendalian kualitas produk di Perusahaan Roti Tawar “DELLA” belum cukup baik. Hal ini dapat di lihat dengan masih ada 11 titik yang berada di luar batas kendali LCL dan UCL (3) Berdasarkan analisis pada diagram sebab akibat (fishbone) dapat kita lihat faktor-faktor pengendalian kualitas pada Perusahaan Roti Tawar DELLA disebabkan oleh beberapa hal, yaitu : material (bahan baku), bahan tambahan, alat, serta manusia/pekerja.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI