PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING DALAM RANGKA MENENTUKAN HARGA JUAL TAHU PADA UD. MAJU JAYA SEJAHTERA
Author (Penulis)
ROUDLOTUL ZANNAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0527
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa UD. Maju Jaya Sejahtera belum menerapkan metode yang benar dalam memperhitungkan harga pokok produksi, karena sumber daya yang kurang memadai. Kesalahan dalam perhitungan harga pokok produksi dapat mengakibatkan harga jual suatu produk terlalu tinggi atau terlalu rendah. Pada prinsip akuntansi biaya, metode yang tepat dalam menentukan harga pokok produksi adalah metode full costing, karena metode ini membebankan seluruh biaya produksi sebagai komponen harga pokok produk. Penentuan harga jual dilakukan menggunakan pendekatan cost-plus dengan konsep biaya produk. Harga jual ditentukan dari jumlah semua biaya produksi ditambah persentase markup atas biaya produksi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah UD. Maju Jaya Sejahtera, sedangkan objek penelitian adalah harga pokok produksi menggunakan metode full costing dan harga jual. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi, studi dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode full costing lebih besar dibandingkan perhitungan menurut perusahaan, karena perusahaan tidak membebankan biaya pemeliharaan peralatan dan biaya penyusutan peralatan, sedangkan metode full costing membebankan seluruh biaya produksi meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik yang bersifat variabel maupun tetap. Hasil perhitungan tersebut dijadikan dasar dalam penentuan harga jual tahu kuning yang menyatakan bahwa perhitungan harga jual menggunakan pendekatan cost-plus lebih kecil dibandingkan harga jual yang ditetapkan oleh perusahaan.