ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PELAYANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN CV SUMBER MAKMUR KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

RIKA ERIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0525

Abstract

Rika Eriana. 13.1.02.02.0525. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada CV Sumber Makmur Kota Kediri. Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci: Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen Penelitian ini dilatarbelakangi oleh besarnya ketersediaan dan permintaan sepeda motor terutama jenis sport di Indonesia ini karena sepeda motor sport merupakan alat transportasi yang mudah serta nyaman. Akan tetapi masyarakat mulai khawatir dengan cara perawatan, spare part yang susah dijumpai, dan mahal. Oleh karena itu Sumber Makmur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif menyediakan berbagai macam untuk merek sepeda motor Honda, Yamaha, Suzuki, dll untuk menggantikan spare part kendaraan sepeda motor yang rusak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara citra merek, kualitas pelayanan, dan harga secara simultan terhadap kepuasan konsumen CV Sumber Makmur Kota Kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen CV Sumber Makmur Kota Kediri. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 orang yang diambil berdasarkan ukuran sampel telah terpenuhi dengan variabel penelitian ada 4 (independen+dependen). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda yaitu uji-t dan uji F. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa Citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada CV Sumber Makmur Kota Kediri. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada CV Sumber Makmur Kota Kediri. Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada CV Sumber Makmur Kota Kediri. Citra merek, kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada CV Sumber Makmur Kota Kediri. Hal ini berarti 51,6% kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh citra merek, kualitas pelayanan dan harga, sedangkan sisanya yaitu 48,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini maka direkomendasikan: 1) Bagi pihak perusahaan mampu menerapkan citra merek, kualitas pelayanan dan harga untuk meningkatkan kepuasan konsumen sehingga perusahaan berkembang lebih pesat lagi. 2) Bagi Konsumen dapat memberikan informasi kepada konsumen yang jelas dan akurat mengenai harga, serta merek yang dijual dengan kualitas yang ada agar konsumen tertarik untuk datang ke CV Sumber Makmur Kota Kediri. 3) Bagi Masyarakat, penelitian ini dapat dijadikan masukan untuk masyarakat dalam memilih tempat servis dan spare part yang bermutu agar datang ke CV Sumber Makmur Kota Kediri. 4) Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumbangan atau masukan bagi penelitian selanjutnya tentunya berkaitan dengan citra merek, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI