Pengaruh kualitas pelayanan , fasilitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen travel ridhotul maulaa di nganjuk
Author (Penulis)
MOCHAMAD LUTFI ANWAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0524
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena untuk meningkatkan kepuasan konsumen yang
baik diperlukan kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga yang baik dalam sebuah perusahaan.
Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh
yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di travel Ridhotul
Maulaa (2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan antara fasilitas terhadap
kepuasan konsumen di travel Ridhotul Maulaa (3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh
yang signifikan antara harga terhadap kepuasan konsumen di travel Ridhotul Maulaa (4)
Mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan, fasilitas,
dan harga secara simultan terhadap kepuasan konsumen travel Ridhotul Maulaa.
Pada penelitian ini digunakan pendekatan kantitatif, populasi dalam penelitian ini
adalah konsumen dari travel Ridhotul Maulaa Nganjuk dan sampel yang digunakan sebanyak
40 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Alat analisis
yang digunkan dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap pengujian, diantaranya :
Uji Validitas dan Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Koefisien
Determinasi, Uji Hipotesis dengan software SPSS for windows versi 23.
Hasil dari hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan dari kualitas
pelayanan terhadap kepuasan konsumen di travel Ridhotul Maulaa Nganjuk. (2) Ada
pengaruh yang signifikan dari fasilitas terhadap kepuasan konsumen di travel Ridhotul
Maulaa. (3) Ada pengaruh yang signifikan dari harga terhadap kepuasan konsumen di travel
Ridhotul Maulaa. (4) Ada pengaruh yang signifikan dari kualitas pelayanan, fasilitas, dan
harga secara simultan terhadap kepuasan konsumen travel Ridhotul Maulaa.