PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, DESAIN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BENGKEL BAGONK PAINTWORK KEDIRI


Author (Penulis)

HENI FREDYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0517

Abstract

ABSTRAK Perkembangan industri airbrush di Indonesia mampu menjadikan sebuah peluang usaha atau bisnis yang menjanjikan, antara sesama pelaku usaha yang memberikan pengalamannya dan mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia melalui industri kreatif.Sesuai dengan tren yang ada di dunia modifikasi otomotif, bengkel-bengkel penyedia airbrush dituntut untuk agresif dalam memenuhi keinginan pelanggan bengkelnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, desain produk, dan harga secara simultan dan parsial terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Bengkel Bagonk Paintwork Kediri). Penelitian ini menggunakan teknik pendekatan kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 40 responden yakni pelanggan yang menggunakan jasa Bengkel Bagonk Paintwork Kediri. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis linear berganda dengan software SPSS for windows 20.0. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) kualitas pelayanan, desain produk, dan harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bengkel Bagonk Paintwork Kediri, (2) kualitas pelayanan, desain produk, dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bengkel Bagonk Paintwork Kediri. Adapun implikasi teoritis yaitu menjadi referensi dan masukan yang bermanfaat bagi pemilik Bengkel Bagonk Paintwork Kediri untuk meningkatkan kualitas pelayanan, meningkatkan desain produk yang semakin inovatif, serta menjaga harga agar tetap stabil sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan Bengkel Bagonk Paintwork Kediri. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, maka penulis menyarankan hendaknya pengusaha jasa pengecatan body kendaraan Bagonk Paintwork dalam meningkatkan kepuasan pelanggan lebih menitik beratkan pada kualitas pelayanan, desain produk, dan harga. Dilihat dari kuesioner yang telah diisi oleh pelanggan Bengkel Pengecatan Bodi Kendaraan Bagonk Paintwork tersebut diperoleh data bahwa konsumen akan melakukan penjualan dengan memperhatikan kualitas pelayanan kepada pelanggan yang baik, desain produk yang inovatif serta menjaga harga agar tetap stabil, sehingga dengan demikian dengan kualitas pelayanan yang baik, desain produk yang inovatif, serta tetap menstabilkan harga akan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan Bengkel Pengecatan Bodi Kendaraan Bagonk Paintwork. KATA KUNCI :Kualitas Pelayanan, Desain Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan Bengkel Bagonk Paintwork Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-22

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI