ANALISIS PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPSTIK MATTE PIXY DI HYPERMART KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
DYAH AYU CAHYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0492
Abstract
ABSTRAK
DYAH AYU CAHYAWATI : Analisis Promosi, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Matte PIXY di Kota Kediri, Skripsi, Manajemen, FE UNP Kediri, 2017.
Kata kunci : Promosi, Harga, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian
Persaingan dalam dunia perdagangan yang sangat ketat mengharuskan pelaku usaha untuk memiliki keunggulan kompetitif yang berkesinambungan baik dalam promosi, harga dan kualitas produk dalam meningkatkan keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah promosi, harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian Lipstik Matte PIXY di Kota Kediri.
Tujuan Penelitian berdasarkan rumusan masalah maka tujuan penelitian yaitu sebagai berikut :
Untuk mengetahui apakah promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian lipstik matte merek PIXY di Hypermart Kota Kediri, Untuk mengetahui apakah harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian lipstik matte merek PIXY di Hypermart Kota Kediri, Untuk mengetahui apakah kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian lipstik matte merek PIXY di Hypermart Kota Kediri, Untuk mengetahui apakah promosi, harga, dan kualitas produk, secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian lipstik matte merek PIXY di Hypermart Kota Kediri.
Variabel yang digunakan yaitu promosi, harga dan kualitas produk, dan keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Lipstik Matte PIXY di Kota Kediri. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan nonprobability sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner (angket). Pertanyaan-pertanyaan yang digunakan dalam angket disusun berdasarkan skala likert. Pengukuran kuisioner menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang diuji menggunakan SPSS v.21 for windows yang menunjukkan hasil valid dan reliabel.
Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji pengaruh secara parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama yang diuji menggunakan SPSS v.21 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,000, harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,040, dan variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,000. Secara simultan variabel promosi, harga dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,000.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk peneliti selanjutnya, dan dapat dijadikan dasar penganbilan keputusan dalam meningkatkan keputusan pembelian.
Keyword
Promosi, Harga, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian