PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI ONLINE, DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR BEKAS DI UD ZAQI PUTRO MOTOR KEDIRI


Author (Penulis)

AFNAN MUZAQI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0475

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pengguna sepeda motor di Indonesia dari tahun-ketahun semakin bertambah bahkan pada sektor motor bekas. Semakin banyaknya pilihan produk membuat konsumen sulit untuk memutuskan pembelian oleh karena itu faktor seperti kualitas, promosi online dan Personal Selling dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan pembelian; 2) Pengaruh Promosi Online terhadap Keputusan Pembelian; 3) Pengaruh Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian; 4 Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Online dan Personal Selling secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggun akan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian assosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang datang ke UD Zaqi Putro Motor Kediri dengan menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik sampling yaitu accidental sampling dan menghasilkan 60 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan observasi langsung ditempat. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji T dan uji F. Variabel bebas penelitian ini adalah kualitas produk(X1), promosi online(X2), Personal Selling (X3), dan keputusan pembelian(Y) sebagai variabel terikat. Permasalahan pada penelitian ini adalah 1) Apakah Kualitas Produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian motor Bekas pada UD Zaqi Putro Motor Kediri?; 2) Apakah Promosi Online berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian motor Bekas pada UD Zaqi Putro Motor Kediri?; 3) Apakah Personal Selling berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian motor Bekas pada UD Zaqi Putro Motor Kediri?; 4) Apakah Kualitas Produk, Promosi Online dan Personal Selling berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian motor Bekas pada UD Zaqi Putro Motor Kediri?. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1) Kualitas Produk, Promosi Online dan Personal selling secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; 2) Kualitas Produk, Promosi Online dan Personal Selling secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka penulis menyarankan bagi perusahaan untuk mempertahankan kualitas produk, promosi online dan personal selling yang telah berjalan dan semakin meningkatkan lagi. Kata kunci : Kualitas Produk, Promosi Online, Personal Selling dan Keputusan Pembelian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade