Pengaruh Iklan, Personal Selling dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha NMAX di Kabupaten Nganjuk
Author (Penulis)
RIO SETYOWAHYUDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0464
Abstract
ABSTRAK
Rio Setyowahyudi: Pengaruh Iklan, Personal Selling Dan Word Of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Nmax Di Kabupaten Nganjuk, Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2018.
Kata Kunci: Iklan, Personal Selling, Word Of Mouth (Wom), Keputusan
Pembelian.
Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya dijumpai satu orang memiliki lebih dari 1 motor. Maraknya penjualan motor dengan berbagai model dan jenis membuat konsumen tertarik membeli lebih banyak motor. Hal inilah yang menjadi fokus perusahaan otomotif motor khususnya merk yamaha jenis Nmax
155 dalam merebut pangsa pasarnya walaupun kalah dari segi penjualan dengan merk honda.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pengaruh signifikan secara parsial iklan terhadap keputusan pembelian motor Yamaha Nmax di Kabupaten Nganjuk, (2) untuk menganalisis pengaruh signifikan secara parsial personal selling terhadap keputusan pembelian motor Yamaha Nmax di Kabupaten Nganjuk, (3) untuk menganalisis pengaruh signifikan secara parsial word of mouth (wom) terhadap keputusan pembelian motor Yamaha Nmax di Kabupaten Nganjuk, (4) untuk menganalisis pengaruh signifikan secara simultan iklan, personal selling dan word of mouth (wom) terhadap keputusan pembelian motor Yamaha Nmax di Kabupaten Nganjuk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik kausal. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian dan menggunakan Yamaha Nmax 155. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 responden. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) iklan secara parsial (individu) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (2) personal selling secara parsial (individu) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (3) word of mouth (wom) secara parsial (individu) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (4) iklan, personal selling, word of mouth (wom) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.