PENGARUH ADVERTISING, PERSONAL SELLING DAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LADAKU DI KOTA KEDIRI (STUDI KASUS PADA PT. HASIL TUNAS CEMERLANG)
Author (Penulis)
SITI ROBI'AH AGUSTIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0459
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi karena untuk menciptakankeputusan pembelian yang baik diperlukan advertising, personal selling dan public relations yang baik dalam sebuah perusahaan. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan antara advertising terhadap keputusan pembelian di PT. Hasil Tunas Cemerlang. (2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan antara personal sellingterhadap keputusan pembelian di PT. Hasil Tunas Cemerlang. (3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan antara public relations terhadap keputusan pembelian di PT. Hasil Tunas Cemerlang. (4) Mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan antara advertising, personal selling dan public relations secara simultan terhadap keputusan pembelian di PT. Hasil Tunas Cemerlang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Sampel diambil sebanyak 100 responden yakni konsumen yang menggunakan produk Ladaku. Penelitian sampel dengan teknik simple random sampling.Alat analisis yang digunkan dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap pengujian, diantaranya : Uji Validitas dan Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi, Uji Hipotesis dengan software SPSS for windows versi 23.
Hasil dari hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan dari advertising terhadap keputusan pembelian di PT. Hasil Tunas Cemerlang. (2) Ada pengaruh yang signifikan dari personal selling terhadap keputusan pembelian di PT. Hasil Tunas Cemerlang. (3) Ada pengaruh yang signifikan dari public relations terhadap keputusan pembelian di PT. Hasil Tunas Cemerlang. (4) Ada pengaruh yang signifikan dari advertising, personal selling dan public relations secara simultan terhadap keputusan pembelian di PT. Hasil Tunas Cemerlang.
KATA KUNCI : advertising, personal selling, public relations dan keputusan pembelian