PENGARUH IKLAN, PROMOSI PENJUALAN, DAN ATMOSFER TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA INDOMARET KARANGREJO TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

RANDI APRESTYAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0454

Abstract

ABSTRAK Randi Aprestyawan : Pengaruh Iklan,Promosi Penjualan, dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian di Indomaret Karangrejo Tulungagung, Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi UNP Kediri, 2017. Kata kunci : Iklan, Promosi Penjualan, Atmosfer toko dan keputusan pembelian Penelitian ini dilatar belakangi keputusan pembelian pada Indomaret Karangrejo Tulungagung. Keputusan pembelian ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti iklan, promosi penjualan dan atmosfer toko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan, promosi penjualan dan atmosfer toko terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh signifikan antara iklan terhadap keputusan pembelian. (2) Pengaruh signifikan antara promosi penjualan dengan keputusan pembelian. (3) Pengaruh signifikan antara atmosfer toko terhadap keputusan pembelian. (4) Pengaruh signifikan antar iklan, promosi penjualan dan atmosfer toko terhadap keputusan pembelian pada Indomaret Karangrejo Tulungagung. Penelitian ini dilakukan ini di Indomaret Karangrejo JL. Karangrejo No.12 kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan kuisioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi : uji validitas dan reabilitas , uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2). Data data yang telah memenuhi uji validitas, uji realibilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y =0,540+0,287X1 +0,446X2 + 0,243X3. Dimana variabel keputusan pembelian (Y), variabel iklan (X1), promosi penjualan (X2), dan variabel atmosfer toko (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti seara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen/ angka Adjusted R square sebesar 0.500 menunjukan bahwa 50,0% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 50,0% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) variabel iklan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) variabel promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) variabel atmosfer toko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) variabel iklan, promosi penjualan dan atmosfer toko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI