PENGARUH FASILITAS, KUALITAS PELAYANAN, DAN AKSESIBILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT INSTITUT ILMU KESEHATAN BHAKTI WIYATA KEDIRI


Author (Penulis)

AJI PRASOJO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0445

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa sumber ketidakpuasan pada seseorang berkaitan erat dengan fasilitas, kualitas pelayanan, dan aksesibilitas. Fasilitas yang lengkap dan kualitas pelayanan yang baik menjadikan pasien menjadi nyaman. Bila akses ke tempat yang dituju dirasakan sulit diakses maka akan menimbulkan ketidakpuasan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh signifikan fasilitas terhadap kepuasan pasien di RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri? (2) Apakah ada pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri? (3) Apakah ada pengaruh signifikan aksesibilitas terhadap kepuasan pasien di RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri? (4) Apakah ada pengaruh signifikan fasilitas, kualitas pelayanan, dan aksesibilitas terhadap kepuasan pasien di RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri? Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pasien selama tanggal 1 Mei sampai dengan 30 Mei tahun 2017 yang ada di RSGM IIK Bhakti Wiyata dengan jumlah pasien 137 orang. Berdasarkan populasi tersebut karena subyeknya besar, maka peneliti mengambil sampel dengan teknik Slovin (Sevilla, Consuelo G. et. al (2007)) dengan hasil sampel sebanyak 58 orang. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai alat untuk pengumpulan data, selanjutnya diuji validitas dan realibilitas yang menggunakan sistem SPSS, dan apabila telah diuji kuesioner diberikan kepada Pasien di RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa (1) Fasilitas ada pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, sehingga jika ada perbaikan serta penambahan fasilitas dengan baik maka akan menghasilkan kepuasan pasien yang terlayani dengan baik. (2) Kualitas pelayanan ada pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, maka jika memberikan kualitas pelayanan dengan baik maka kepuasan pasien akan tercapai. (3) Aksesibilitas ada pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, dengan adanya aksesibilitas yang mendukung maka kepuasan pasien akan terwujud dengan baik. (4) Fasilitas, kualitas pelayanan, dan aksesibilitas ada pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan kesimpulan dalam penelitian ini direkomendasikan : (1) Sesuai dengan penelitian yang dilakukan bahwa RSGM IIK Bhakti Wiyata sebaiknya ada perbaikan fasilitas, kualitas pelayanan, dan aksesibilitas agar kepuasan pasien dapat terlayani dengan lebih baik. (2) Indikator fasilitas, kualitas pelayanan, dan aksesibilitas juga sebaiknya dilengkapi guna tercipta pelayanan yang prima. KATA KUNCI : Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Aksesibilitas, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit Gigi dan Mulut.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI