PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI DEPO AIR MINUM ISI ULANG (Studi Kasus \"DEPO SEGER\") DESA SONOREJO KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

ENDIRA WIDYA LUTFIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0435

Abstract

ABSTRAK Endira Widya Lutfiana : Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Depo Air Minum Isi Ulang (Studi Pada “Depo Seger” Desa Sonorejo Kabupaten Kediri), Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi UNP Kediri, 2017. Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh air merupakan unsur yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Air yang dibutuhkan manusia meliputi air layak pakai yang bersih dan sehat untuk keperluan memasak, mencuci, dan mandi serta air yang layak konsumsi untuk keperluan minum. Salah satunya penjualan Depo air minum isi ulang di Depo “Seger” di desa Sonorejo kabupaten Kediri. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Depo air minum Seger di desa Sonorejo Kabupaten Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diperoleh berdasarkan data adalah tidak terbatas. Metode pengambilan sample adalah menggunakan rumus Slovin. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang yang merupakan konsumen Depo “Seger”. Hasil penelitian ini adalah (1) secara parsial (individu) variabel harga 0,000<0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, kualitas produk 0,000<0,05 yang artinya H0 ditolak dan H2 diterima, dan kualitas pelayanan 0,003<0,05 yang artinya H0 ditolak dan H3 diterima, maka harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (2) secara simultan (bersama-sama), variabel harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan 0,000<0,05 yang artinya H0 ditolak dan H4 diterima maka variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian yang di lakukan pada Depo “Seger” diharapkan untuk selalu menjaga kestabilan harga, meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan agar dapat memenuhi selera, keinginan dan kebutuhan konsumen. Sehingga tujuan Depo “Seger” dapat dicapai dan semakin berkembang kedepannya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI